Banana Nut Bread


Saya punya beberapa resep Banana Bread tapi menurut saya resep ini yang paling saya suka.  

Banana Bread termasuk salah satu 'quick bread'. Krn bikinnya gak menjalani proses spt pembuatan roti. Gak perlu nguleni, gak perlu nunggu proses 'pengembangan'~tapi bikinnya lebih mirip pembuatan cake. Hasilnya pun emang lebih mirip cake sih. Banana bread ini rasanya lebih 'rich' dari pada banana bread sebelumnya, krn pake kelapa kering dan kacang. Kacang2an bisa suka2 yah karena saya cuma punya kacang tanah jadi saya pakai itu. Enaknya kalau ada macam2 kacang apalagi kalau dikasih kepingan coklat. Tapi apapun itu tetap enak kok. Kelapa parut disini jual dalam kemasan plastik terdiri dari kelapa parut kasar - shredded coconut dan kelapa parut halus - desiccated coconut.

Bread ini saya menggunakan kelapa parut kasar. Kalau teman2 mau buat sendiri, caranya: Beli kelapa di pasar minta yg sedang jgn muda dan jgn kelapa tua, minta diparut sekalian. Disangrai atau dipanggang  sampai agak kecoklatan. Awas jangan sampai gosong.  Siap deh dipakai, sisanya bisa disimpan dalam wadah yang tertutup. 

Seperti biasa masakan saya selalu simple. Tidak pakai mixer cuma aduk2 pakai sendok kayu aja. Ngaduknya jangan berlebihan nanti bantet. Saya tidak punya loyang loaf. Akhirnya saya pakai loyang yang ada aja. 

From Melbourne, Happy Baking. 
Jackie 



BANANA NUT BREAD
Bahan Kering:
2 cup terigu
1 cup kelapa parut.
1/2 cup gula
1/4 cup gula palem
1 sdt backing soda
1/2 sdt garam

Bahan Basah:
2 buah pisang ukuran besar yang sudah matang, haluskan
1/4 cup yougurt
1/4 cup olive oil atau minyak goreng
2 butir telur
21/2 sdt bubuk vanila

Campuran dan Taburan.
1 cup kacang2an bisa kenari, almonds (saya kacang tanah), cincang.


1. panaskan oven,.suhu 180°c 
siapkan loyang loaf ukuran 9 inch olesi mentega dan beri terigu lapisi tipis. 
Karena saya tidak punya loyang ukuran 9 inch jadi saya pakai loyang yang ada. 

2. dalam mangkok yang besar, campur rata bahan kering. 


3. dalam mangkok sedang, masukkan pisang, telur, ypgurt, minyak dan vanili. Dengan menggunakan whisk atau garpu aduk hingga tercampur rata. 

4  Masukkan bahan basah kedalam bahan kering dan aduk hingga tercampur rata semuanya. Masukkan  sebagian kacang2an. aduk tapi jangan aduk berlebihan nanti bantet.

5. tukang adonan ke loyang. beri sisa kacang2an diatasnya. Bakar hingga 30 menit atau lebih tergantung oven masing2. lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi. 

6. keluarkan dari oven. biarkan dingin baru dipotong. 
Kalau saya tidak sabar masih panas sdh pengen potong hehehe enak sih!

Comments

Popular Posts