Curry Puff

 

Partner saya masa kecilnya pernah tinggal di Makasar sebelum pindah ke Melbourne. Hari ini entah kenapa, dia minta dibuatin Jalangkote. Katanya waktu SD dulu sebelum masuk kelas bisa ngabisin beberapa jalangkote yang dibelinya di kantin sekolah. Saya belum pernah nyobain tapi saya sering makan Curry Puff yang pakai bumbu kari dengan isi kentang kadang ditambah telur dan daging cincang. Yah udah saya bikin itu aja dengan ditambah bihun hehhehe... 

Jackie - Balaclava


CURRY PUFF
1 kentang ukuran besar
1 jagung - saya segemgam jagung frozen
segengam frozen peas (optimal)
1 gulung bihun
2 telur, rebus
1 bawang bombay
3 bawang putih
2 buah cabe
1 sdm kari bubuk
secukupnya garam, lada dan kaldu jamur

Bahan Kulit:
500 gram terigu
50 gram mentega - saya butter
sedikit garam
250 ml air hangat
30 ml minyak goreng - saya olive oil
saus sambal

  1. Kupas kentang dan potong kotak kecil. Rebus kentang sebentar saja, agak lunak. Tiriskan dan sisihkan. Rendam bihun dalam air panas hingga lunak, gunting-gunting. Tiriskan dan sisihkan. Rebus telur sampai matang, kupas dan 1 telur dibagi 2 kemudian dibagi lagi sehingga semuanya menjadi 8 iris. Sisihkan.
  2. Tumis bawang Bombay, masukkan bawang putih tumis sampai wangi. Tambahkan cabe, bumbu kari aduk rata. Masukkan kentang, peas dan jagung. Aduk rata. Beri garam, lada dan bumbu penyedap. Tambahkan bihun. Aduk rata. Koreksi rasanya. Terakhir sebelum diangkat masukkan daun bawang. Aduk rata.
Sekarang kita membuat kulit:
  1. Campur terigu, garam dan butter. Dengan lembut gosok2 dengan jari sampai berbulir. Tambahkan air hangat sedikit2 dan uleni sampai tdk menempel di mangkok. Jika sdh cukup lunak tdk perlu dihabiskan airnya. Tipiskan adonan dan cetak bundar2.
  2. Beri isian ditengahnya, kasih potongan telur. Tarik ujungya dan lipat. Kunci dengan cara ditekan pakai garpu. Goreng dg minyak panas. Bolak balik agar coklat merata. Angkat sajikan dengan saus sambal
  3. Sajikan hangat. Ini saya bagi dua untuk liat isinya.

Comments

Popular Posts