Sop Jawa


Saya gak tau kenapa almarhum mama saya selalu menyebut makanan yang kerap ada di meja makan kami dengan nama Sop Jawa. Saya lupa menanyakannya, apa karena bahan sop selalu dijual dalam kemasan pelastik oleh penjual sayur keliling yang orang Jawa. Entahlah. Sop ini sangat mudah dibuat dan enak banget dimakan cuaca panas atau dingin. Isiannya bisa baso, ayam, sosis atau sering kali saya cuma buat pakai kentang, makaroni dan jagung saja sudah enak. Ini adalah makanan sepanjang masa favorit kami dirumah mama. 

Sejak saya buat sop Jawa di Melbourne saya selalu tambahkan 1 cabe biar ada kicknya selain dari pala. Maklum yang makan orang Manado jadi harus ada tambahan pedesnya dikit. Kalau ada persedian air kaldu saya pakaikan kalau tidak ada pakai air biasa saja. Masukkan dulu bahan yang keras dan butuh waktu untuk empuk seperti kentang dan wortel selanjutnya makaroni, sosis dan baso kemudian sayuran yang lainnya setelah kentang empuk karena sayuran seperti brokoli tidak butuh waktu lama direbus. 

Jackie | Balaclava



SOP JAWA

kentang, potong kotak kecil
makaroni
sayur: wortel, kol. brokoli, jagung.. Terserah
daging: ayam, baso, sosis. Terserah
daun bawang
sledri - saya tidak pakai, gak punya
bawang merah
bawang putih
bawang merah untuk taburan
1 cabe, iris halus -  jika suka 
pala bubuk
kaldu jamur
air kaldu / air biasa
garam 

  1. tumis bawang merah sebentar lalu masukan bawang putih tumis lagi sampai harum awas jangan gosong. Masukkan sayuran dari keras terlebih dahulu seperti wortel, jagung kentang. Beri air kaldu/ air biasa. Masukkan cabe potongan, makaroni, sosis, baso. 
  2. beri pala bubuk, kaldu jamur, jamur. Masak hingga kentang dan macaroni empuk , masukkan sayuran lainnya. Sebelum diangkat beri daun bawang, sledri dan taburi bawang goreng.
  3. sajikan segera selagi masih hangat.

Comments

Popular Posts