Ikan Kukus


Beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 2011, saya mendapat proyek motret makanan untuk restaurant yang akan buka di Food Court Margo. Kita mengadakan pemotretan dirumah chef nya yang saya panggil dia Pakde. Biasanya selesai motret kita akan makan sama-sama, salah satu menu yang saya potret adalah Ikan Kukus, rasanya enak dan tidak amis.  Dengan ramah pakde mengajarkan cara memasak ikan kukus ala Chinese food. Waktu itu saya ditemani Mintje jadi dia yang diajarkan.  Saya dulu kurang tertarik sama masak-memasak kecuali kalau anak saya suka pasti saya belajar 😊

Hari ini saya teringat dengan resep Ikan Kukus Pakde, saya tlp Mintje dan minta diajarkan cara membuatnya. Sayang sekali saya salah memotong daun bawang seharusnya memanjang tapi saya iris nya salah 😋jadi kurang cantik terlihatnya. Tidak apa-apa yang penting hasilnya ENAK.  Ternyata Sinyo kurang suka ikan yang dikukus jadi saya puas makan sendiri.

Jackie | Bentleigh
 

IKAN KUKUS
1 ekor ikan
1 sdm cuka makan -  cuka apple
2 batang daun bawang, pisahkan hijau dan putih,  iris panjang
5 cm jahe - iris panjang

Kuah kecap :
1 cabe, iris
2 sdm air
2 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
Sejumput merica
2 sdm minyak goreng

Cuci ikan (saya potong2 karena ikan cuma sedikit), rendam dengan cuka atau perasan lemon (saya cuka apple).  Tata irisan daun bawang (bagian putih) dan jahe di dasar piring/wadah. Letakkan ikan di atasnya.

Kukus/ tim ikan sampai matang (± 15-20 menit tergantung besar kecilnya ikan).Angkat ikan, lalu buang air yang tergenang pada wadah (karena airnya yang menyebabkan bau amis).

Taburi permukaan ikan dengan irisan cabe merah dan daun bawang yang berwarna hijau di atas ikan.

Campur bahan kuah. Panaskan minyak di pan dan tuang saus, masak sebentar kemudian siaram diatas ikan. 

Comments

Popular Posts