Sop Senerek


Saya teringat enaknya Sop Senerek yang saya makan saat berlibur di Magelang tahun 2018 lalu. Sop khas Magelang, Jawa Tengah, diadaptasi dari kuliner Belanda. Mirip dengan sop kacang merah, bruine bonen zoep tetapi kuah kaldunya lebih encer. Rasanya ringan cocok untuk cuaca hangat. Sop Senerek yang saya buat ini pakai daging sapi dan saya tidak pakai bayam karena pas lagi gak punya persediaan. Segarnya sop ini membawa saya kembali kesaat itu, kapan lagi yah main ke Magelang?

Jackie | Balaclava

SOP SENEREK


200 gr daging sapi
100 gr kacang merah, saya 1 kaleng kacang merah
1 buah wortel, potong kotak kecil
1 buah kentang, potong kotak kecil
1 ikat bayam, rebus - saya tidak pakai
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang seledri, iris halus
5 bawang merah, iris tipis
3 bawang putih, iris tipis
1000 ml air
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt pala bubuk
secukupnya garam, merica dan gula
bawang goreng untuk taburan

Saya pakai kacang merah kalengan yang bisa langsung dipakai tapi kalau kacang merah kering kiloan yang beli di pasar harus direndam dulu semalaman, buang airnya dan cuci bersih. Rebus sampai empuk.

Dalam panci, rebus daging dengan api kecil hingga keluar kaldu bening. Angkat daging dan saring kaldunya. Masukkan kembali daging dan air kaldu ke panci. Rebus bersama kentang dan wortel.

Sementara itu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan kedalam panci daging. Beri bumbu dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Sebelum diangkat masukkan daun bawang dan seledri. 

Penyajian: Taruh nasi dan bayam rebus dalam mangkok, siram dengan kuah sop panas beserta isiannya, taburi bawang goreng sajikan.

Comments

Popular Posts