Ngolak Yuk!


Menurut perkiraan cuaca hari ini akan hujan seharian dan saya tidak mau keluar rumah untuk berbelanja maka kemarin saya sudah mempersiapkan makanan untuk kami selama weekend. Salah satunya adalah membuat Kolak.

Saya kalau buat kolak tidak pernah pakai santai dan gulanya harus gula merah tidak ditambah gula putih. Begitu yang saya pelajari dari mama. Kami besar dengan memakan kolak seperti itu, isinya bisa pisang atau ubi. Mama juga tidak pernah menambahkan kolang kaling.

Sambil menonton TV dan dihanggatkan oleh selimut tebal, saya menyantap mangkok pertama saya. Yakin pasti gak lama akan diikuti mangkok ke 2 dan 3 😀

Jackie | Balaclava


KOLAK
1 cup kacang hijau
1 buah ubi
3 keping gula merah
1 lembar daun pandan, potong atau ikat
1/2 batang kayu manis

1. rebus kacang hijau dengan sistem 5 - 30 - 7
Dalam panci kecil rebus air bersama kacang hijau sampai air mendidih selama 5 menit. Matikan kompor. Tutup panci. Biarkan 30 menit. Panaskan kembali panci dan masak selama 7 menit dalam keadaan ditutup. Lihatlah kacang sudah merekah lembut. 


2, setelah kacang merekah, tambahkan air dan masukkan potongan ubi, gula merah, daun pandan dan kayu manis. Rebus hingga ubi empuk. 
3. sajikan panas atau dingin. Saya sih suka kalau dalam keadaan panas.


Comments

Popular Posts