Day 14 PICC



Dari sofa biru disamping jendela, saya memandang senja yang turun. Sebentar lagi saya akan pulang.

Sinyo hari ini dipasang PICC (Peripherally Inserted Central Catheter) dan dibius lokal kurang lebih 15 menit.


PICC adalah kateter (tabung) tipis dan panjang yang dimasukkan ke dalam vena di lengan kiri Sinyo. Ujung kateter diposisikan di vena besar yang membawa darah ke jantung.

PICC digunakan untuk penggunaan jangka panjang. Warna ungu untuk antibiotics, cairan, kemo. Warna merah untuk tranfusi darah dan blood test.

Dengan pemasangan PICC tidak perlu lagi susah payah mencari urat nadi untuk disuntik yang membuat tangan Sinyo menjadi biru.

Plaster PICC akan diganti tiap minggu.


Sinyo sementara persispan di biopsi kulit karena red spots diseluruh tubuhnya. Walau tidak gatal tapi dokter tetap kawatir penyebab dari munculnya red spots ini apakah dari obat antibiotic atau dari obat kemo. 

Dokter memberi suntikan bius di 2 spots ditempat yang akan diambil sampel kulitnya. 

Jarum suntik berupa bor dimasukkan dgn cara diputar2 kemudian ditarik keluar dengan membawa jaringan kulit yang akan diteliti di lab. 

Gak lama dokternya balik lagi dan mengatakam besok kira2 jam 3 ada 5 orang dokter yang akan study kasus jika diberi ijin kalau tidak mereka akan mengerti. Tentu saja kita kasih ijin untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Mereka sepertinya dokter yang sedang belajar specialises kulit. 

Comments

Popular Posts