Nasi Pulut Unti


Nasi Pulut Unti atau Glutinous Rice with sweet coconut adalah salah satu jajanan pasar di Ambon. Terbuat dari ketan yang direbus dengan santan, disajikan setengah tertutup didaun pisang yang atasnya diberi unti (enten).

Hari ini saya buat wajik lagi untuk yang kedua kalinya minggu ini 😱. Dari ketan yang sedang dikukus saya ambil sebagian untuk dibuat Nasi Pulut Unti. Tahapannya hampir sama cuma saat setengah matang dicampur dengan santan lalu dikukus sampai matang. Nasi Pulut Unti saya ini tidak pakai daun pisang sebagai wadahnya selain susah didapat, daun pisang juga sangat mahal disini 😏.

Untuk kelapa saya pakai kelapa parut siap pakai. Disini kelapa parut dijual di supermarket dalam kemasan 500 gram terdiri dari kelapa kasar dan kelapa halus.

Jackie | Bentleigh 2019-0704

NASI PULUT UNTI

1 cup beras ketan kira2 200g
200 ml santan
250 g gula merah
½ bh kelapa parut – 500g 1 pak kelapa parut
5 lbr daun pandan
1 sdt garam
200 ml air

Rendam beras ketan semalaman. Tiriskan. Kukus selama 10 menit. Matikan kompor. Biarkan dalam keadaan tertutup. Sementara itu masak santan bersama 1 daun pandan. Aduk jangan sampai santan pecah.

Masukkan ketan dan garam, aduk rata sampai santan terserap. Kukus kembali ketan dengan api kecil saja selama 30 menit atau sampai matang. Angkat dan sisihkan

Rebus gula merah, air dan sisa daun pandan sambil diaduk sampai kental.

Masukkan kelapa parut, aduk rata. Masak sampai matang dan kering. Sajikan ketan dengan kelapa parut diatasnya.

Comments

Popular Posts