Pempek DOS Anti Gagal


Setelah sekian purnama akhirnya saya bisa juga makan pempek. Sesuatu yang gak akan mungkin saya buat kalau saya di Depok. Kalau disana tinggal jalan sebentar dah bisa beli pempek.  Disini sebenarnya ada jg yg jual tapi mahal ah mending saya buat sendiri aja. Saya salah membuat bentuk pempek kapal selam nya 😂 next time lebih baik lagi. 

Pempek biasanya dipakai ikan tapi yang ini tidak pakai ikan karena itu dinamakan pempek dos. Saya dapat resep ini dari cookpad Lucy Yunis. Menurut saya enak. ☺️👍 Saya tulis resep aslinya walau saya membuat hanya setengah resep aja. 
 
Salam pempek dari Melbourne.
Jackie | Balaclava 2021-1121

PEMPEK DOS ANTI GAGAL

Bahan Biang:
  • Bawang putih, haluskan
  • Merica
  • Garam
  • Kaldu ayam
  • 250 ml air untuk merebus
  • Tepung terigu
  • Tepung beras
  • 200 gram tepung tapioka
  • Minyak goreng – saya olive oil

 Bahan Isian:

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • garam

 Bahan Cuko:

  • 150 gram gula merah
  • 3 siung bawang putih
  • 500 ml air matang
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 sdt gula
  • Secukupnya garam
  • 2 sdm air asam jawa /cuka
  1. Haluskan bawang putih. Masukkan kedalam panci yg telah diberi air, garam, merica bubuk dan kaldu ayam. Masak sampai mendidih.
  2. Dengan kompor yang masih menyala, masukkan terigu dan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.Masukkan lagi tepung tapioka sedikit demi sedikit, masukkan minyak goreng (saya olive oil), telur yg telah dikocok lepas. Uleni sampai kalis.

  3. Bentuk pempek sesuai selera ya,untuk kapal masukan telur yang sudah dikocok dan diberi garam.
  4. panaskan air sampai mendidih, rebus pempek sampai mengapung dan saring.

  5. Panaskan minyak goreng, goreng pempek dan beri kuah cuko dan toping timun iris.

Comments

Popular Posts