Tuna Pie


As easy as a pie..
Setelah berhasil membuat Spinach and Cheese Quiche, hari ini saya membuat Tuna Pie masih dengan resep pie yang sama. Saya makin percaya diri bermain tangan dengan terigu dan mentega. Isian Tunanya juga creamy dan enak.

Jackie | Balaclava



TUNA PIE
KULIT PIE: 
2 cup terigu – 250 gram
½ cup butter dingin – 150 gram
1 sdt garam
4-6 sdm air dingin
Segengam beras

1. Potong butter dingin kubus kecil. Dalam food processor, masukkan terigu, garam dan butter. Proses sampai bergrindil, tambahkan air sedikit demi sedikit sambal terus diproses hingga adonan tercampur dan mengumpal. Keluarkan adonan dan bungkus dengan plastik. Istirahatkan di kulkas selama 30 menit.

2. Keluarkan dari kulkas. Taburi terigu di meja. Pipihkan dengan rolling pin sesuai tingkat ketipisan yang diinginkan dan besarnya Loyang.

3. Dengan bantuan rolling pin, gulung dough dan letakkan di Loyang. ratakan mengikuti bentuk Loyang. tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Lapisi kertas roti dan taburi beras sebagai pemberatnya. Panggang 10-15 menit sampai kekuningan, keluarkan dari oven. angkat kertas dan beras. Lanjutkan oven selama 5 menit sampai mengering dasarnya. keluarkan, dinginkan dan siap digunakan.


ISIAN:
1 kaleng tuna
2 cabe
½ bawang Bombay
2 bawang putih
5 bawang merah
2 kentang
1 gulung bihun
Garam, lada secukupnya
Kunyit bubuk secukupnya
Saus ikan secukupnya
2 batang daun bawang
Air secukupnya
1 telur, kocok lepas

1. Iris halus bawang Bombay, bawang merah, bawang putih dan cabe. Potong kentang ukuran kecil supaya cepat empuk. Iris daun bawang.

2. Tumis bawang Bombay dan bawang merah sampai berubah warna, masukkan bawang putih dan cabe tumis sampai wangi. Tambahkan kentang aduk rata. Tambahkan air, garam, lada dan kunyit bubuk. Masak hingga kentang empuk. Jika air habis tambahkan lagi sampai kentang benar2 lembut.

3. Masukkan tuna, beri saus ikan. Aduk rata kentang. Saat ini kentang benar-benar lembut. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat.

4. Ambil pie dough, giling dan cetak bulat. Letakkan isian ditengah2, beri ruang disekelilingnya. Ambil lagi kulit pie lainnya. Tarik ujungnya supaya bagian bawah pie terutup. Tekan-tekan pinggir kulit pie dengan garpu untuk mengunci supaya isi tidak keluar. Letakkan di Loyang datar. Lanjutkan sampai sampai selesai. Olesi bagian atas pie dengan kocokan telur. Panggang dengan api 180C selama 15 menit atau tergantung oven masing-masing sampai pie mengembang dan kekuningan. Sajikan hangat.

Comments

Popular Posts