Chocolate Cake with Custard


Ini pertama kalinya saya buat Chocolate Cake. Saya kangen sama almarhum mama. Cake buatan mama dikenal enak. Selain Zebra cakenya yang sudah famous dikalangan keluarga dan teman, mama juga buat Onbeikoek dan Chocolate Cake. Saya teringat saat kuliah di Manado, beberapa hari menjelang natal mama mengirim 2 macam cake pakai pos Patas yang pada masanya terkenal kilat. Saat itu tahun 1992 belum ada Tiki. Saya makan kue itu sambil menanggis, kangen Natal bersama keluarga. 

Saya sering diminta bantu kocokin kue tapi saat itu belum ada minat untuk tau bahan-bahannya. Sekarang nyesel mau bikin tapi resepnya ada di dalam catatan didapur rumah mama. Saat Natal entah tahun berapa saya lupa, mama pernah buat Chocolate Cake pakai Fla dan saya yang paling banyak ngabisin haha..haha.  


Saya coba utak atik resep Cake Coklat. Setelah semua bahan dicampur, adonan nya memang  cair. Karena saya kurang suka manis jadi gula saya kurangi. Resep Fla saya ambil dari fla untuk isian kue Sues.  Makan ini membawa saya kembali kemasa-masa bahagia bersama mama, daddy dan Andre. I love you all. Saya akan mencoba cake lainnya jika saya punya mixer karena cake-cake itu membutuhkan mixer. 

Sementara itu, ini adalah resep cake buatan mama saat saya pulang ke Depok tahun 2019 dan ini beberapa tahun sebelumnya ZEBRA CAKE

Jackie | Balaclava 



CHOCOLATE CAKE WITH CUSTARD FILLING 
Adonan kering:
240 gr Tepung Terigu 
50 gr Pure cocoa powder 
2 sdt Baking Powder 
1 sdt Baking Soda 
1/2 sdt Garam
150-200 gr Gula Pasir (saya 150 krn gak suka manis)

Adonan basah:
250 ml Susu Cair full cream 
200 ml Minyak Sayur 
2 butir Telur ukuran besar 
1/2 sdm Vanilla extract
120 ml Air Mendidih + 2 sdm Kopi Netscafe (tanpa ampas)


1. Saring semua bahan adonan kering biar ga ada gumpalan. Tambahkan gula, aduk sampai tercampur rata.




2. Di wadah lain, masukkan bahan adonan basah kecuali air kopi. Kocok rata sampai tercampur rata.



3. Tuang adonan kering ke adonan basah, aduk rata.

 
4. Tambahkan air mendidih yang sudah dicampur kopi, aduk sampai tercampur rata



5. Tuang adonan cake ke loyang yang sudah diolesin mentega/margarin/minyak dan diberi alas baking paper. Hentakkan sedikit biar untuk menghilangkan gelembung.



6. Panggang di oven, suhu 180°C, api atas bawah, selama 30-35 menit. Sebelumnya oven sudah dipanaskan selama 10 menit



FLA
750 ml susu cair full cream 325
150 gr gula pasir 50
80 gr tepung maizena 40
1/2 sdt garam
1 sdt pasta vanilla/ Vanilla essence
2 butir kuning telur 1
Ruum (optimal)
30 gram mentega/margarin (tambah di akhir) 15

Masukkan bahan kecuali mentega/margarin. Kompor dalam keadaan mati. Aduk rata sampai maizena larut semuanya


Nyalakan kompor masak pakai api sedang aja terus harus terus diaduk yaa jangan berhenti sampe meletup-meletup dan fla mengental.



Matikan kompor. Masukan mentega/margarin, aduk rata



Fla setelah dicampur mengega/margarin 



Segera tuang dalam mangkok, tutup rapi dengan plastik wrap supaya tidak mengering. Simpan dalam kulkas. 


PENYELESAIAN:
Bagi 2 cake. Rapikan bagian atas dan balik jadi yang didalam menjadi top nya.


Keluarkan fla dari kulkas. Olesi cake dengan fla sampai rata. Tumpuk.


Masukkan lagj kedalam kulkas sampai saat mau dimakan. Potong dan sajikan.

Comments

Popular Posts