Depok Street Food - Siomay Mang Idun

Ingin berbagi informasi mengenai makanan sekitaran tempat tinggal saya, maka saya memutuskan untuk menulis mengenai street food yang selalu saya beli dan kalau saya beli artinya... ENAK! Saya bersyukur tidak memiliki masalah dengan pencernaan, sehingga makanan pinggir jalan pun bisa saya nikmati dengan nikmat. 

Berhubung sedang bulan puasa, banyak jajanan yang biasa buka disiang hari tutup dan baru buka kembali setelah lebaran. Ahhh tidak sabar rasanya menulis mengenai makanan-makanan itu, so kita mulai dulu dari Siomay, yeahhh!



Siomay Mang Idun

According to Wikipedia, Siomay or Somay is an Indonesian steamed fish dumpling with vegetables served in peanut sauce. It is derived from Chinese Shumai. It is considered a light meal that is similar to Chinese Dim Sum, but is cone shaped. It is traditionally made from tenggiri fish meat. Sometimes other types of seafood such as tuna, mackerel and prawn also can be used to make siomay. Other complements to siomay are steamed cabbage, potatoes, butter gourd, boiled egg and tofu. Siomay is cut into bite size pieces and topped with peanut sauce, sweet soy sauce, chili sauce and a dash of lime juice.



Dari jaman ngider saat saya masih SMA kira-kira 26 tahun yang lalu hingga sekarang mangkal di dekat Jalan Baru, mang Idun tetap ingat kalau Ola sukanya cuma siomay tok tidak pakai yang lain. Hahahaha.... 

Warga Depok Timur Dalam pasti tau lah siomay Mang Idun ini. Rasa bumbu kacangnya sangat enak karena kental. Pas lah! Dulu saat mang Idun masih muda dan kuat, beliau keliling berdagang siomay ini. Saya kan sejak dulu dilarang mama untuk jajan, kecuali sore boleh beli roti. Tapi khusus makanan ini, saya ngumpet-umpet belinya hahahaha.. saya suka siomay!


Siomay yang dijual abang siomay keliling  berbeda karena ada komposisi aci atau tepung tapioka yang lebih banyak. Namun rasa kenyal inilah yang sering kali membuat ketagihan hahahaha.... iya kan? Mang Idun sehat terus yah supaya saya bisa lebih lama lagi merasakan siomay buatan Mang yang enak ini.


Bersambung 

Comments

Popular Posts