Tamarind Beef Stir Fry

 


Australia terkenal dengan kualitas daging sapi nya yang bagus. Dibakar saja cuma pakai garam dan lada sudah enak. Kalau kata ipar saya yang pernah tinggal di Swiss, itu karena sapi nya bahagia maka dagingnya jadi enak. Bener juga yah?

Kali ini dagingnya saya masak pakai Tamarind atau Asam Jawa. Saran saya, daging setelah dibumbui harus didiamkan semalan dalam kulkas. Jadi kalau masak ini jangan terburu2 harus sehari sebelumnya diolah.

Saya pakai tamarind paste. Kalau di Indo mungkin dijual yang padat jadi dilarutkan dulu dengan air secukupnya. Trus kalau suka pedes, cabe bisa digabung bersama dengan larutan asam jawa, atau seperti saya yang tidak suka pedes tapi ingin ada rasa pedes2nya dikit maka irisan cabe bisa ditaruh terakhir sebelum daging diangkat dari kompor. Suka2 aja yah.

Rasa asam jawa, bubuk coriander dan wijen mewakili rasa yang saya kenal, Asia. Jadi begitulah Australia dan Asia bertemu di piring makan siang saya 😉

Jackie | Bentleigh


TAMARIND BEEF STIR FRY

500 daging sapi, iris memanjang
2 sdm asam Jawa
1 sdm bubuk ketumbar
5 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
1 sdm wijen
secukupnya Garam, merica dan gula
2 buah cabe merah, iris
1/2 batang daun bawang, iris untuk taburan


Ambil mangkok kecil taruh: asam jawa, bubuk ketumbar, kecap manis, kecap asin, wijen, garam, merica dan gula. Aduk rata dan rasakan. Jika rasa asam terlalu tajam bs tambahkan kecap sedikit.

Lumuri daging dan biarkan semalaman di kulkas.

Panaskan wajan dengan sedkit minyak. Masukan daging dan masak hingga bumbu sedikit mengering. Tambahkan air, ungkep sampai daging empuk dan air menyusut. Koreksi rasanya. Sebelum diangkat masukkan irisan cabe dan daun bawang. Angkat dan sajikan dengan nasi.

Comments

Popular Posts