Ikan Kuah Asam

 

.
Sehari setelah tiba di rumah setelah sekian lama pulang kampung, kami pergi ke pasar Springvale. Kesan pertama saya terhadap pasar ini adalah pasar ini lebih bernuansa Asia dibandingkan South Melbourne Market, Queen Victoria Market, and Prahran Market. Pengaruh Asia yang kuat di sini berarti ini adalah tempat yang bagus untuk membeli barang-barang yang mungkin tidak bisa kita dapatkan di supermarket deket rumah.

Pasar Springvale dibagi menjadi beberapa bagian yang ditujukan untuk melayani beragam kebutuhan pelanggan. Mulai dari buah-buahan hingga sayuran, dari ikan hingga daging, dari toko seharga dua dolar hingga DVD, dari makanan ringan hingga kopi, sebut saja dan kamu mendapatkannya di pasar ini. Jangan terkecoh dengan ukuran pasar ini dari luar, sebenarnya pasar ini jauh lebih besar dari yang terlihat karena pasar ini sebenarnya terbagi menjadi beberapa bangunan. Explore your way around and you will be surprised by what you discover.

Pasar sayuran sangat besar dengan sejumlah toko yang menjual sayuran lokal dan asing. Bagian daging memiliki beragam daging, tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Bagian seafood wajib dikunjungi. Bahkan jika kamu bukan pecinta makanan laut tetap harus mengunjungi kios seafood di pasar Springvale. Pilihannya mencakup makanan laut segar dan beku. 

Kami pulang dengan menenteng 2 plastik berisi ikan Tenggiri kurang lebih sekilo dan 2 ekor sontong. Karena cuaca mulai dingin, paling pas dimasak dengan kuah asam. Seger!

Jackie | Bentleigh


IKAN KUAH ASAM

2 potong ikan Tengiri
5 daun jeruk
1 ruas lengkuas, bersihkan. Gepeek
1 ruas jahe, bersihkan. Geprek
1 batang sereh ambil putihnya, potong. Geprek
1 buah lemon
1 buah cabe keriting, iris2
secukupnya Garam, gula dan air
9
Haluskan:
5 buah bawang merah
3 buah bawang putih
3 buah cabe merah kriting


Cuci ikan dan rendam dengan perasan air jeruk. Sisihkan.


Haluskan bumbu. Tumis bumbu, jahe, lengkuas, sereh dan daun jeruk sampai harum masukkan ikan dan air, garan dan gula secukupnya. Masak hingga ikan matang. Peras jeruk diatasnya. Masukkan seiris jeruk lemon. Rasakan jika kurang tambahkan garam atau air jeruk. Angkat dan sajikan panas

Comments

Popular Posts