Ayam Bakar Solo


Minghitung mundur 7 hari lagi aku sdh kembali berada di negeri yang dingin. Brrrrrr.....

Sudah lama ingin masak Ayam Bakar Solo setelah berkali membaca review dari yang sudah recook.Kesempatan datang hari ini, hari terakhir sebelum puasa. Pagi2 jam 6 sudah ada di pasar, ternyata masih sedikit orang. Cepat aja beli ayam, sayuran dan bumbu di penjual langganan. Begitu selesai, wahhh pasar sudah penuh sesak padahal belum lagi 6.30... waduh gimana kalau nanti siang. Sampai rumah langsung saya olah, sambil nunggu ayam didiamkan saya mandi karena hari ini mau nonton Avanger sama Robert 🤩

Masak ayam ini gampang banget dan teman2 harus recook yah karena tidak akan kecewa dengan rasanya. Kecap dan gula merah bisa ditambahkan jika saat dimasak masih terasa kurang manis. Untuk sajian buka puasa, Ayam Bakar Solo rasanya pas banget untuk lauk menemani nasi dan sayur karena rasanya manis.

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk teman2 Muslim. Semoga lancar yah.
Jackie | Depok


AYAM BAKAR SOLO

1 ekor ayam potong 4 (saya potong 8)
Air kelapa (saya dari 1 butir kelapa)
3 sdm kecap manis
1 sdm gula merah, sisir (saya 2 sdm palm sugar)
Bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
Seruas kunyit
secukupnya Garam


Sangrai kemiri. Gabungkan dengan bumbu untuk dihaluskan.

Ambil pengorengan. Letakan ayam kemudian balurkan bumbu yang telah dihaluskan ke ayam. Remas2 sebentar, diamkan selama kurang lebih 20 menit biar bumbu meresap.

Tuang air kelapa, kecap, gula merah dan garam. Ungkep dengan api kecil supaya bumbu lebih meresap.  Koreksi rasanya bisa tambahkan kecap atau gula merah lagi.

Masak sampai ayam empuk dan bumbu mengental.

Panggang ayam diatas arang atau happycall sambil dioles sisa bumbu hingga mengering.

Sajikan dengan nasi panas. Mantap.

Comments

Popular Posts