Ayam Bumbu RW Basil



Saya pernah tinggal di Manado selama 5 tahun. Banyak ragam makanan yang sudah saya coba, termasuk tikus putih Ihhhh!. Saat itu sih rasanya enak2 aja kalau sekarang disuruh makan mungkin saya mikir lagi hehehehe.

Ayam Bumbu RW ini perlu dicoba. Resepnya saya ambil dari Dapur Clara.
Karena saya tinggal di Melbourne dan ditempat saya jarang dapat daun Kemangi, jadi saya pakai daun Basil. Tentu lebih enak pakai kemangi... Lebih otentik. Tapi begini juga enak kok, buktinya pasangan saya minta dibuatkan lagi.

Saya tulis resep aslinya dengan perubahan dibelakangnya. Maafkan foto yang sekedarnya, langsung dimakan tanpa foto2 lagi.

Jackie | Bentleigh



AYAM BUMBU RW VERSI BASIL
Original recipe: Dapur Clara
Modified by Jackie


1 kg ayam kampung, potong kecil2 (saya filet dada ayam, potong2)
2 buah sereh, geprek
5 helai daun jeruk, iris halus
10 batang daun bawang, iris halus
1 ikat kemangi, iris halus (saya daun basil)
Secukupnya daun pandan
Secukupnya garam dan gula
Bumbu haluskan:
2 butir bawang putih
5 bawang merah
1-2 butir kemiri, sangrai lebih dulu
1 potong kecil laos
1 potong kecil jahe (saya 1 jempol jahe)
1 batang serai
30 cabe rawit (saya kira2 10)


Tumis sereh, masukkan bumbu halus. Masak hingga wangi dan beri garam/gula

Masukkan ayam, campur rata dengan bumbu. Tutup wajan, masak hingga ayam matang.

Buka kembali wajan, beri sedikit air. Aduk. Masukkan daun bawang, daun kemangi, daun jeruk. Campur rata. Masak kembali hingga bumbu dan daun2 meresap pada ayam.

Angkat dan sajikan panas dengan nasi. Yummm.

Comments

Popular Posts