Sup Kacang Hijau

 


Weekend beberapa minggu yang lalu saat cuaca sedang dingin dan berangin, saya masak sup kacang hijau ini atas permintaan pasangan saya. Biasa kalau weekend dapur saya ngebul sepanjang hari, dirumah aja pasti bawaannya mau makan dan ngemil, apa lagi kalau cuaca dingin.

Supaya kacang hijau cepat empuk ada caranya. Saya diajarin mama, pertama rebus kacang dengan air sampai mendidih. Matikan kompor, tutup panci. Lalu ulangi lagi. Empuk deh. Jadi pagi itu saya buat sup ini. Cepat banget dan kita makan dengan roti.

Jackie | Balaclava


SUP KACANG HIJAU


Segengam kacang hijau, cuci bersih
Air untuk merebus
1/2 bawang bombay, iris halus
7 bh cengkeh
secukupnya Garam, merica dan gula

1. Dalam panci kecil rebus air bersama kacang hijau sampai air mendidih kira2 5 menit. Matikan kompor. Tutup panci. Biarkan 30 menit. Panaskan kembali panci sampai beruap selama 7 menit. Kacang hijau pasti sudah merekah dan menjadi lembut.

2. Sementara itu, tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan bawang bombay kedalam panci yg sudah empuk kacang hijaunya. Tambahkan cengkeh, garam, gula dan merica. Koreksi rasanya. Masak sebentar.

3. Angkat sajikan panas dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Comments

Popular Posts