Lemon Cake


Suami saya pulang kerja dengan membawa box berisi lemon dan mandarin pemberian teman kerjanya. Selain itu ada juga oleh2 cemilan Indonesia. Lengkap deh!

Lemon2 ini harus langsung diolah karena masih segar jadi kulitnya enak diparut dan dibuat cake atau kue kering. Seperti biasa kue2 buatan saya tidak perlu mixer. Pastikan semua bahan dalam suhu ruangan sebelum dicampur.
  1. Resep saya ini menggunakan buttermilk. Buttermilk gampang dibuatnya tidak perlu beli di supermarket, mehong 😉. Cukup membutuhkan 2 bahan saja. Lemon/cuka dan susu. Saya pakai lemon. Campur 1 sdm lemon dengan 1/2 gelas susu. Aduk2 lalu biarkan selama 5-10 menit. Campurannya akan terlihat sedikit mengental, siap digunakan. Buttermilk jika ketemu baking soda membuat kue menjadi lembut dan naik. Makanya baking soda saya kasih lebih banyak dari baking powder. Kalau mau pakai susu, kurangi baking soda dan banyakin bakkng powder nya. Simple kan?
  2. Saya pakai olive oil tapi teman2 bisa pakai minyak canola atau minyak goreng.
  3. Gula sengaja saya kurangi tapi saya kasih taburan gula halus diatas kue setelah matang Enak deh! Menurut saya sih pas banget.
Jackie | Balaclava



LEMON CAKE

1/3 cup gula
1/2 cup buttermilk, suhu ruang
3 tablespoons minyak
1 telur suhu ruang
1/2 sdt vanila
1 lemon ukuran sedang, parut ambil airnya
1 cup terigu
1/2 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
  1. Panaskan oven 175°c. Siapkan loyang olesi mentega, baluri dengan terigu. Sisihkan
  2. Dalam mangkok besar: masukkan gula, yogurt, minyak, telur, vanilla, lemon juice dan parutan kulit jeruk. Campur sampai gula larut.
  3. Dalam mangkok kecil: campurkan terigu dengan baking powder, baking soda dan garam.
  4. Masukkan tepung kedalam mangkok berisi adonan basah. Aduk sampai tercampur rata.
  5. Tuang adonan ke loyang. Bakar hingga matang lakukan tes tusuk gigi ke bagian tengah. Jika kering berarti sudah matang.
  6. Taburi dengan gula halus. Sedap!

Comments

Popular Posts