Sugar Free Apple Date Cake

 


Saya adalah pengemar kue yang aduk-aduk. Saya juga adalah pengemar kue yang tidak terlalu manis karena alm. mama saya sakit gula dan saya melihat mama saya harus disuntik diperutnya dan kemudian gulanya menjadi parah dan kena ke ginjal sehingga mama harus cuci darah. Saya sangat mengurangi pemakaian gula dalam kue-kue saya.

Resep ini tidak memakai gula tapi gantinya memakai kurma. Ayuk dicoba yuk resepnya. Saya suka sekali kue ini.

Let's get baking!
Jackie - Balaclava


BAHAN DAN CARA MEMBUATNYA
  • 1 buah apel ukuran besar
  • 1 cup kurma
  • 2 sdt baking soda
  • 1 cup air mendidih
  • 1 cup terigu
  • Garam sedikit
  • ¼ cup olive oil
  • 1 telur, kocok lepas
  • 2 sdt kayumanis bubuk
  1. Panaskan oven 180C dan siapkan loyang, olesi  mentega dan beri terigu tipis.
  2. Kupas apel dan potong kubus kecil, potong kecil kurma. Taruh keduanya dalam mangkok dan campur kayumanis bubuk.
  3. Tuang air panas dan baking soda. Rendam hingga air menjadi dingin dan kurma lembut kira2 30 menit – 1 jam atau semalaman jika perlu.
  4. Dimangkuk yang lain: campur terigu dan garam
  5.  Jika campuran apple sudah dingin, masukkan minyak, telur dan vanila. 
  6. Dengan mengunakan sendok kayu, tuang terigu sedikit demi sedikit kira-kira 4 sendok ke adonan basah dan aduk. Lakukan sampai semua terigu habis.
  7. Tuang ke loyang dan panggang selama 30 menit atau tergantung oven masing-masing.

Comments

Popular Posts