Pancake for Breakfast

 


Sabtu adalah hari bermalas-malasan, bisa lebih lama di tempat tidur dan sarapan juga bisa dikamar. Seperti pagi ini Sinyo minta dibuatkan Pancake untuk sarapan. Saya sudah 2x posting resep disini, pertama tahun 2019 saat saya di Depok, untuk Sarapan saya buat Pancake for Robert dan kedua tahun 2020 saat kami masih tinggal di Bentleigh, saya buat Pancake Isi Keju dan Pisang untuk Sinyo. 

Pancake! Semua pasti suka pancake.

Di Inggris bahkan ada hari Pancake atau mereka mengenalnya Shrove Tuesday yaitu pesta tradisional yang jatuhnya selalu hari Selasa sebelum memasuki masa Prapaskah ( Rabu Abu) atau 47 hari sebelum Paskah dan tahun ini jatuh pada Selasa 5 Maret 2019.

Hari itu adalah kesempatan terakhir untuk mengkonsumsi telur dan lemak sebelum Rabu Abu, dimana umat Kristesten Aglikan dan Katolik akan memperingati sengasara Kristus dengan menjalani puasa selama 40 hari tidak makan daging dan lemak. Pancake adalah cara sempurna mengunakan bahan2 itu sebelum dimulainya masa Prapaskah. Teman2 bisa membaca sejarah panjang Pancake yang ditulis lengkap oleh Ellen Castelow diwebnya.

Dulu... saya sering membeli adonan Pancake instant dalam botol plastik yang tinggal dikasih air, kocok2 dan tuang di pan. Tapi sekalinya mencoba resep Pancake ini tidak mau lagi membeli yang instant! Iya dong, yang ini lebih enak bahkan anak saya bisa minta berkali2 dalam sehari tidak hanya saat sarapan. Temen2 coba deh!


Note:
1. Kalau mau dimakan gitu aja tidak pakai madu atau selai apapun, bisa menambahakan gula 1-2 sendok lagi.
2. Bentuk sebelum dimasak kayak bubur tidak encer dan bergrindil. Biarin aja jangan diaduk berlebihan yang penting terigu sudah tercampur. Abaikan saja grindil2nya.
3. Kalau mau pancake yang tipis maka susu bisa dibanyakin dikit jadinya adonan lebih encer (liat foto dibawah) Kalau saya sih suka nya yang pancake yang tebal, lebih ngenyangin.

Jackie | Balaclava

PANCAKE

150 gram terigu
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
150 ml buttermilk (150 ml susu cair tambahkan 1 sdm air jeruk nipis lalu diamkan 10 menit) 
1 telur, kocok lepas
2 sdm minyak sayur atau bisa diganti 2 sdm buter/mentega yang dilelehkan


Siapkan bahan2. Campurkan semua bahan kering, aduk rata. Campur semua bahan basah, aduk rata. Masukkan bahan basah ke dalam bahan kering, aduk rata. Jangan overmix. Bila adonan masih bergrindil biarkan saja. Adonan kental seperti bubur. Biarkan 5 menit.

Panaskan teflon beri sedikit butter/margarin. Ambil 1 sendok sayur adonan. Kalau mau pancake yang gedean tuang 2 sendok sayur adonan. Masak dengan api kecil aja, jika adoanan mulai keluar gelembung2 balik tapi jangan ditekan. Awas gosong yah. Angkat dan sajikan dengan selai.

Comments

Popular Posts