Aloo Kheema Matar



Aloo Kheema Matar adalah kombinasi surgawi dari kentang (Aloo) dan kacang polong (Matar) yang dimasak bersama dengan Kheema (Daging giling). Ini adalah comfort food yang luar biasa dan sangat gampang dibuat bahkan untuk pemula seperti saya.

Kheema atau Keema adalah daging giling atau daging cincang. Bisa berupa daging giling apa saja seperti kheema domba, kheema kambing, kheema ayam, dll. Resep ini juga bisa digunakan dengan daging giling apa pun, tetapi jika menggunakan daging giling yang sangat rendah lemak, maka perlu mengambil tambahan tindakan pencegahan untuk menjaga kari kheema tetap lembab dan tidak kering.

Di Australia jika kita beli daging cincang, pada kemasaannya tertulis berapa persen kandungan lemak. Biasanya saya beli 8% fat, pernah saya beli 18% fat untuk dibuat Bolognese saus dan hasilnya terlalu berlemak kurang enak untuk Bolognese tapi cocok untuk resep ini. Waktu itu saya beli karena lagi discount dan harganya jadi super murah hahahaha... Untuk masakan ini dibutuhkan kandungan lemak yang sedikit banyak namun saya hanya punya daging cincang 8% fat saja. Supaya tidak terlalu kering saya buat masakan ini berkuah walau aslinya kering atau kuah sedikit. Menambahkan tomat merupakan salah satu langkah menjaga kelembapan kari dengan daging cincang rendah lemak. 

Aloo Keema Matar bisa dibuat kering atau sedikit berkuah (curry), saya pribadi suka yang kering namun saya ingat bahwa Sinyo selalu suka makanan berkuah maka saya buat yang berkuah. Dalam hal berpasangan, Aloo Keema Matar cocok dipadukan dengan apa saja: Naan, Chappati, Roti atau Paratha (mmmm!!) sayangnya kami tidak punya persediaan jadi saya menyantapnya bersama beras Basmati. 

Jackie | Balaclava


ALOO KHEEMA MATAR
200 gram daging cincang
2 buah kentang, potong
Kacang polong secukupnya
Bawang bombay, cincang kasar
Bawang putih haluskan
Tomat, potong-potong

Garam masala
Bubuk cabe 
Jahe - jahe bubuk
Kunyit - kunyit bubuk
Bumbu kari - kari bubuk
Kaldu bubuk
Garam

1. Pertama, tumis bawang bombay cincang hingga berwarna keemasan.
2. Lalu masukkan garam masala, bubuk cabe, kunyit, bumbu kari dan sedikit air. Aduk rata dan masak sebentar.
3. Lalu masukkan daging giling tumis hingga daging berubah warna dan kelembapannya menguap.
4. Selanjutnya masukkan tomat, jahe, bawang putih, kaldu bubuk dan garam sambil terus menumis.
5. Masukkan kentang beserta air, tutup dan biarkan masak hingga kentang empuk dan air menyusut, sekitar 30 menit.
6. Terakhir masukkan kacang polong, jangan masak terlalu lama akan membuat kacang polong berwana pucat. 
7. Angkat sajikan dengan Paratha atau nasi Brasmati. 

Comments

Popular Posts