Roti Selai Kopi


Easter Monday breakfast.

Rotiboy sangat terkenal di Indonesia. Berawal dari seorang dosen dari Malaysia bernama Hiro Tan memutuskan untuk membuka usaha toko roti pada tahun 1998 di Penang. Roti berbentuk bulat (bund) dengan topping rasa kopi menjadi terkenal di Malaysia sehingga merambah ke negara tetangga seperti Singgapura, Thailand, Korea Selatan dan tentu saja terbawa juga ke Indonesia.

Tapi saya belum pernah merasakannya hahaha... saat orang pada ngantri untuk membeli rotiboy saya tidak ada keinginan sedikitpun untuk mencobanya. Serius, baru hari ini saya kepikiran untuk membuat roti dengan selai kopi. Saya menyimpan 2 reels resep Rotiboy di Instagram. Keduanya menggunakan isian, ada yang isi keju dan yang lain mentega. Saya tidak pakai isi apapun karena cuma selembar roti yang dioles selai kopi saja. Menurut saya tidak bisa dibilang Rotiboy karena tidak sempurna, Let's call Roti Selai Kopi.


Saya buat 2 versi, yang di toast untuk Sinyo dan buat saya setelah dioles langsung dipanggang. Hasilnya punya saya lebih soft rotinya sementara punya Sinyo seperti roti panggang agak keras. 

NOT BAD, I like it. Tidak butuh waktu lama untuk saya menghabiskan sepotong roti bagian saya. Namun Sinyo kurang suka dengan roti selai kopi ini katanya aneh hahhaha... Kali ini kita beda selera 😁

Jackie | Balaclava


ROTI SELAI KOPI
2 sdm instant coffee - 43 Netscafe
1 sdm air panas
1 telur
3 sdm gula halus - bisa diblender dulu
40gr terigu
40gr mentega
bubuk vanila - saya tidak punya
beberapa helai roti

1. Dalam mangkuk campurkan kopi, telur, gula halus, tepung terigu, mentega dan air panas. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Taburkan topping kopi di atas roti
3. Lalu panggang dalam oven 180°c selama 8 menit, biarkan dingin selama 20-30 menit lalu sajikan & nikmati.

Comments

Popular Posts