Lebaran: 3 Makanan + 1 Kue


Hari ini hari Lebaran, saya mengucapkan selamat hari Raya untuk teman-teman yang merayakan.


Saat hari Lebaran ada makanan khas yang selalu ada di meja makan rumah orang tua saya. Sehari sebelum Lebaran, kami mulai menebak tetangga yang mana yang akan mengantar makananan pertama kali. Hahahaha kami tidak pernah memasak menjelang Lebaran karena tetangga akan mengantarkan makanan kerumah. Dihari raya meja makan kami akan penuh dengan Ketupat, Opor Ayam, Sambal Goreng Kentang, Rendang, Sayur Lodeh, Semur Ayam, Cake, Cookies dan wow pokoknya hari itu adalah hari makan-makan untuk kami.


Sekarang tinggal jauh dari rumah, saya kangen makanan-makanan itu maka saya memutuskan untuk membuat Opor Ayam. Lontong dan Samba Goreng Kentang. 

OPOR AYAM
Ini adalah pertama kalinya saya buat opor ayam. Saya menginggat-inggat rasanya opor ayam buatan Bude Barjo. 1 panci penuh opor dibawa bude kerumah kami saat Lebaran bersama pancinya! Opor yang dibawa bude adalah jenis Opor berkuah putih. 

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Dari generasi ke generasi, opor ayam tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi lebaran yang dirayakan dengan penuh sukacita dan kehangatan keluarga.

Opor ayam berkuah santan putih yang sangat populer di kalangan masyarakat peranakan Tionghoa di Indonesia menunjukkan pengaruh budaya China. Tekstur kuah yang kental dan lezat dengan aroma santan yang khas menjadi ciri khas hidangan ini. Sajian lontong opor berkuah putih konon memiliki hubungan dengan dengan lontong Cap Go Meh, yang merupakan hidangan khas saat perayaan Cap Go Meh yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa.

Sementara itu, opor ayam berkuah kuning dengan tambahan kunyit dan jintan menunjukkan pengaruh budaya India. Warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit, sedangkan aroma dan rasa yang khas berasal dari campuran rempah-rempah seperti jintan dan bumbu kari yang digunakan dalam masakan India. Opor ayam berkuah kuning ini merupakan varian yang sangat disukai dan sering disajikan di berbagai kesempatan, termasuk saat perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Saya sempat nervous dengan hasil Opor Ayam karena ada beberapa bahan yang saya tidak punya. Diresep asli tidak ditambah air tapi saya gak tega kalau pakai santan saja jadi saya tambahkan air. Tapi pada akhirnya saya bangga dengan diri saya sendiri hahahha ENAK BANGET OPOR nya!!! Kuahnya kental dan gurih, rassanya gak berbeda dengan Opor Ayam Bude!! 


1 ekor ayam - saya 500 gram sayap ayam
2 batang sereh, geprek
3 lembar daun salam
Sejempol lengkuas, geprek
1300 ml santan encer dari 1 btr kelapa - saya 1 kaleng santan 400gram + 300 air
200 ml santan kental - 65 ml santan kara
10 butir cabe - 4 cabe
secukupnya Garam dan kaldu jamur

Bumbu yang dihaluskan :
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai - saya kehabisan
1 sdm ketumbar, sangrai - ketumbar bubuk
3 cm jahe
1/4 sdt jinten (cumin)
1/4 sdt adas (fennel)
1 sdt merica

Bahan2. Boleh tambah kentang, tahu dan telur juga


2 Ayam digoreng sebentar di minyak panas, cukup asal sedikit kecoklatan. Angkat. Sisihkan



3 Tuang santan encer ke wajan, masukkan bumbu halus, bumbu daun dan cabe rawit. Godog sekitar 10 menit sambil diaduk2 supaya santan tidak pecah



4 Masukkan ayam. Beri garam dan gula. Setelah mendidih kecilkan api, tuang santan kental sambil ditimba2 supaya santan tidak pecah

5 Masak hingga ayam empuk, bumbu meresap dan kuah berminyak.


Update 11/4
Sarapan pagi dengan sisa Opor Ayam

KETUPAT
Ini juga pertama kali nya saya buat Ketupat! Beberapa hari yang lalu saya melihat reels yang muncul saat saya lagi buka FB. Mbak yang saya lupa namanya mengajarkan cara gampang membuat ketupat mengunakan rice cooker dengan metode 1 cup beras ditambah air 3,5 cup. Cara ini sangat membantu untuk kami yang tinggal di luar negeri dan ingin makan ketupat. Lebih bagus daripada membuat ketupat dalam plastik. Saya bangga bisa membuat ketupat, terima kasih untuk mbak yang telah membagikan reels nya.


1 cup beras
3.5 cup air
garam secukupnya
sedikit minyak - oilive oil

1. Cuci beras dan masak nasi di rice cooker sampai matang.


2. Begitu matang, langsung aduk rata dan pencet-pencet nasi menggunakan sendok nasi. Lakukan sampai nasi menjadi lembek. 



3. Pindahkan nasi ke tapperware yang telah diberi sedikit minyak. Tekan-tekan sampai rata dan padat dengan sendok nasi. Biarkan dingin.


4. Potong-potong dan siap disantap bersama Opor Ayam.


SAMBAL GORENG KENTANG
Sebagai pecinta kentang, saya sudah beberapa kali membuat Sambal Goreng Kentang. Ini adalah resep andalan saya, kadang saya campur dengan dengan telur dan toge seperti pernah saya posting beberapa waktu lalu Sambal Goreng Kentang Telur Toge. Sambal goreng kentang merupakan makanan khas Indonesia yang kerap disajikan saat perayaan besar. Sambal goreng kentang lebih ke makanan pelengkap atau lauk dibanding sambal pedas. Rasanya yang pedas, manis, dan gurih mampu membangkitkan selera makan. Biasanya Sambal Goreng Kentang dijadikan pendamping opor ayam.


Kentang, potong bentuk kubus
Buncis, potong-potong
1 sdt kecap manis
kaldu jamur

Bumbu yang dihaluskan :
15 bawang merah 
10 cabe
1 buah tomat


1. Goreng kentang sampai matang. Sisihkan



2. Tumis bumbu halus sampai benar2 matang. Beri garam dan gula secukupnya. Boleh ditambah sedikit air jika terlalu kering. Tambah kecap manis, aduk rata

3. Masukkan kentang dan buncis. 



4. Aduk rata. Angkat. Sajikan sambal goreng dg taburan bawang merah goreng. Sedaaap dan haruum bangettt 

Tips : tumis sambal harus sampai benar2 matang ya … kalau sambal nya kurang tanak, kurang matang rasanya ngga enak … baunya langu dan rasa mentah. Supaya sambal ngga gosong tumisnya pakai minyak banyakan atau bisa ditambah air … kalau pakai air masaknya pakai api kecil sampai air nya menguap.


NASTAR
Nastar adalah salah satu kue kering yang menjadi primadona saat Lebaran. nastar merupakan gabungan dari Bahasa Belanda yaitu 'ananas' yang berarti nanas dan 'taarjes' atau tart yang berarti kue. Nastar pertama kali dikenal masyarakat Indonesia pada masa kolonial Belanda. Kala itu, nastar adalah kue untuk kalangan bangsawan dan disajikan pada perayaan penting. Resep nastar awalnya terinspirasi dari olahan pie ala Belanda yang dibuat dalam loyang-loyang besar dengan isian selai blueberry, apel, atau stroberi.

Tidak terhitung saya membuat Nastar sejak pertama kali membuatnya di Desember 2021. Awalnya saya membuat Nastar mengunakan mentega dan margarin tapi belakangan saya cuma pakai mentega saja supaya hasilnya lebih lembut seperti pernah saya posting Nastar Full Butter.

Nastar buatan saya tidak mengunakan susu bubuk karena saya memang tidak punya dan membeli susu bubuk disini harus sekaleng tidak ada yang menjual dalam bentuk sachet seperti di Indonesia. Kami memang minum susu tapi fresh milk bukan susu bubuk. Mungkin jika ditambah susu bubuk rasanya makin enak yah...







Comments

Popular Posts