Sambal Goreng Kentang

 


Salah satu masakan Indonesia favorit saya yang sering dibuat ibu saya ketika saya masih kecil adalah sambal goreng kentang ini. Ini adalah salah satu masakan Indonesia populer yang sering disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, nasi atau lontong/ketupat saat Lebaran. Saya teringat saat keluarga kami mendapat giliran ibadah, saya dan mama sibuk membuat daftar masakan yang akan dimasak, salah satunya Sambal Goreng Kentang. Mama saya mencapurnya dengan buncis dan daging, enak banget. 

SAMBAL GORENG KENTANG tuh wajib ditambahin apa menurut kamu? Telur puyuh, pete, udang, atau hati ayam? Kalo menurut aku sih semuanya cocok. Tergantung lagi pengen apa, stok bahan masakan di dapur, dan budget pastinya. Haha ... Yang jelas, Sambal Goreng menurut saya ya harus berbumbu dan bisa diawur-awur ke nasi. Kalo cuma sekedar nempel di kentang sih sayang banget. Kalo pedes atau nggak sih sesuai selera aja. Bisa pake rawit utuh, jadi kalo mau extra pedas tinggal digerus aja di piring masing-masing. Cobain deh..

Malam ini untuk dinner saya buat Sambal Goreng Kentang yang saya campur dengan telur dan toge. Dimakan dengan nasi putih hangat rasanya nambah-nambah terus.

Jackie | Balaclava


SAMBAL GORENG KENTANG TELUR TOGE
2 buah kentang ukuran besar potong dadu
2 butir telur, rebus. kupas kulitnya
toge secukupnya- saya segengam
secukupnya garam dan gula
1 sdt kecap manis
daun salam
daun jeruk
sereh, geprek
asam jawa larutkan dengan sedikit air
garam/kaldu bubuk/lada

bumbu halus: (saya secukupnya dan diiris halus)
15 butir bawang merah - 1 buah ukuran besar
1 buah tomat
15 buah cabe keriting merah - 2 buah
kemiri sangrai

Goreng kentang sampai matang. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh sampai matang. beri garam, gula, kecap manis. Kalau terlalu kering bisa beri air sedikit. 

Masukkan kentang goreng. Aduk rata. Masukkan telur. Masak sampai bumbu meresap. Tambahkan air asam jawa. Masukkan toge. aduk rata. matikan api, sajikan.

Comments

Popular Posts