3T Siram Saus Kacang


Tahu, tempe dan toge diguyur bumbu kacang dan dilengkapin dgn taburan bawang goreng, kecap manis dan krupuk. 

Bumbu kacang: saya pakai bumbu kacang yg sudah jadi. Kalau mau bikin bumbu sendiri jelas lebih enak. Ini saya karena tidak mau repot aja musti beli asam jawa sementara dirumah banyak bumbu kacang untuk gado2 dan ketoprak. 

Resep saya dapat dari majalah Sedap edisi jaman dulu dengan nama Tupat Tahu Bandung. Saya ganti judulnya karena saya tidak pakai tupat. 



TAHU, TEMPE & TOGE SIRAM SAUS KACANG 
2 buah tahu, goreng, potong2 kecil
1 iris tempe, goreng  potong2 kecil
Segenggam taoge, siram air panas

150 gr kacang tanah, goreng, haluskan
350 ml air
5 sdt air asam (dari 2 sdt asam + 5 sdt air)

Bumbu Halus:
4 buah cabe merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt terasi
4-1/2 sdt gula merah
1-1/2 sdt garam

Pelengkap:
bawang goreng u/ taburan
kecap manis
kerupuk

Saus: aduk rata bumbu halus, kacang tanah, air dan air asam jawa. Masak sampai mendidih dan berminyak. Angkat.

Tata potongan tahu, tempe dan touge. Siram atasnya dgn saus kacang dan kecap manis.

Taburi bawang goreng dan sajikan dgn kerupuk.


Comments

Popular Posts