YougurtBanana Bread


Sudah beberapa hari suamiku nyuruh buat banana bread karena punya 2 pisang yang sudah lembek banget, kematangan. Akhirnya hari ini aku bikin Banana Yogurt Bread. Yougurt membuat roti ini menjadi lembut.

NOTE
  1. Seperti biasa saya pakai ukuran cup dari cangkir kopi. Apapun ukuran cup kopi yang teman2 pakai tidak menjadi masalah asal jangan gede2 banget yah yang sedang2 pada umumnya saja.
  2. Saya pakai gula cuma sedikit karena pisang sudah manis banget. Tapi kalau suka manis bisa ditambah yah, tapi kalau bisa jangan sampai 1 cup yah duhhhh sudah kemanisan banget itu.
  3. Bisa pakai minyak canola atau minyak goreng kalau tidak ada. Saya pakai olive oil karena memang ada hanya itu dirumah dan menurut saya lebih sehat.
  4. Pisang yang saya pakai cuma 2 karena ukurannya sudah besar. Kalau tidak ada yg ukuran besar dan matang bisa ditambah lagi pisangnya biar terasa.
  5. Kalau tidak punya yougurt gimana? Yahhhh kurang lembut dan rasanya beda. Bisa diganti dengan membuat buttermilk. Caranya: gelas susu dicampur dengan 2/3 sdm air lemon atau cuka. Biarkan 15 menit dan biarkan sebentar sampai dia berubah menjadi susu yang asam dan kental, siap dipakai.

Jackie | Balaclava

BANANA YOGURT BREAD

1/2 cup gula (saya 1/4 cup)
2 telur
170 ml yougurt 
1/3 cup minyak (saya olive oil)
2 pisang ukuran besar yang sudah matang banget (lembek)

Campur di mangkok:
2 cups tepung terigu (saya tepung  self rising)
1/2 sdt garam
1 sdt backing soda (saya tidak pakai)
1 sdt backing powder (saya tidak pakai)
1 sdm kayu manis

Di mangkok agak besar: hancurkan pisang sampai lembut, masukkan gula, telur, minyak dan minyak. Aduk sampai rata.

Masukkan campuran tepung, aduk tapi jgn berlebihan yang penting sudah tercampur rata.

Pindahkan ke loyang. Panggang dengan temperature 175 °C.  Test tusuk dengan tusuk gigi jika dicabut kering berarti sudah matang. Biarkan dingin baru dikeluarkan dari loyangnya.

Saya dimakan dengan dioles butter. Selamat menikmati semoga suka.

Comments

Popular Posts