Cinnamon Apple Layer Cake


Ini resep favorit saya dari tahun 2011, saat itu saya sering banget buat kue ini dan mama saya sangat menyukainya hmm mama saya memang selalu menyukai apapun yang saya buat. Enak banget ada lapisan apple dan kacang2an didalamnya dan diatasnya. Kayumanis mamaiaaaaa dikawinkan dengan gula palem dan kacang, cocok banget. Seruangan wangi kayu manis.... hmmmm enak.

NOTE.
  1. Saya seperti biasa pakai ukuran cup, saya pakai cangkir kopi. Teman2 biasa pakai cangkir apa saja tidak mempengaruhi ukuran kue nya. Asal jangan cangkir raksasa 🤣
  2. Apple nya dikuliti kulitnya dan diiris halus yah. Saya pas buat ini tdk dikupas. Tidak apa2 sih karena disini apple langsung dari kebun tidak pakai dilapisi lilin seperti kebanyakan di Indonesia.  Tapi teman2 sebaiknya dikulit kulitnya aja yah. 
  3. Kacang bisa apa aja: almond, kenari,  kacang tanah, apa aja bisa. Saya yang ada dirumah cuma kacang tanah jadi pakai itu aja. 
  4. Saya pakai olive oil, teman2 bisa pakai minyak canola atau minyak goreng walau saya belum pernah coba tapi saya rasa tidak apa2.  
  5. Adonannya diaduk2 pakai sendok kayu aja tidak perlu pakai mixer. Simple kan. 
Happy Baking 😊
Jackie | Balaclava


CINNAMON APPLE LAYER CAKE
1 cup terigu 
1/2 cup gula 
2 sdt baking powder 
1 sdt baking soda 
sejumput garam
2 telur
1/3 cup olive oil 
1/2 cup susu cair 
1 apple ukuran besar, iris tipis (rendam air garam)

Bahan Taburan:
2 sdm gula palm
2 sdt kayumanis
Segengam Kacang2an - cincang/blender kasar.

1. Panaskan oven 180°C. Siapkan loyang, lapisi dengan mentega dan taburi dengan terigu. Campur gula palm, kacang2an dengan kayu manis, sisihkan.

2. Dalam wadah campur rata terigu, gula, baking powder, baking soda, garam.
 
3. Tambahkan telur, minyak dan susu. Aduk hingga tercampur semuanya. Jangan overmix!. 

4. Tuang setengah adonan ke loyang, susun potongan apel diatasnya. Taburi dengan campuran kacang kayumanis dan gula palm. Tuang sisa adonan menutupi apple.  Susun kembali apple diatasnya dan taburi kembali dengan bahan taburan. 

5. panggang selama 30 menit. Tapi tergantung masing2 oven kalau saya 20 menit saja sudah matang karena saya panasi lebih dulu. Tes tusuk. 

6. Sajikan dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Comments

Popular Posts