Melbourne Rissoles


American risoles sudah biasa yah, pakai mayonnaise. Kalau Melbourne risoles sudah pernah coba belum? Hehehe ini mah saya aja yang iseng kasih nama Melbourne karena saya tinggal disini dan ..... pakai saus chanky salsa yang hot.

Hmmmm.... penasaran?

Ayo dicoba. Semoga gampang menemukan saus salsa ditempat kalian. Menurut saya rasanya jadi enak deh. Lagi pula saus salsa campuran dari tomat makanya rasanya manis, asam dan pedas. Ihhh kayak nano nano 😛Tapi kalau tidak dapat saus salsa, silahkan menggunakan saus mayonnaise. Caranya dengan mencampur 5sdm mayonnaise, 1 sdt susu kental manis dan 1 sdt saus sambal, sehingga menjadi American risoles.

Seperti biasa resep aslinya dari Xander's kitchen tapi mengalami perubahan sesuai bahan yang ada didapur saya. Saya sengaja membuat risoles agak besaran biar makannya masing cukup 2 saja lalu sisanya bisa untuk nanti2 😃. Melbourne risoles ini untuk persiapan weekend. Buatnya dari Jumat siang, setelah jadi, ditaruh dalam container lalu masukkan ke kulkas. Besok tinggal digoreng deh.

From Melbourne, Happy Weekend!


MELBOURNE RISSOLES

100 grm terigu (saya 8 sdm krn tidak punya timbangan 😋)
3 telur (saya 1 telur saja)
250 ml susu cair (saya kira2 saja yg penting adonan harus cair)
1 sdt garam
Chanky Salsa (saya pakai merek Old el el Paso)
1 sdm mentega cair (saya 1 sdm olive oil)
Smoked beef
2 telur rebus
Keju

Ayak terigu dalam wadah. Tambahkan garam. Buat lubang ditengah tepung. Masukkan telur. Aduk sampai dituangi susu cair. Adonan harus diaduk sampai licin tidak boleh menggrindil. Jika susah, adonan bisa disaring lalu hancurkan terigu yang mengrindil disaringan sehingga menghasilkan adonan yang licin dan encer.

Tambahkan 1 sdm mentega yang dicairkan atau olive oil. Aduk rata dan diamkan adonan selama 30 menit. Setelah 30 menit, panaskan wajan anti lengket dengan mentega/minyak sedikit aja. Tuang 1 sendok adonan. Putar2 hingga tertutup rata. Kulit harus tipis. Angkat setelah 2-3 menit. Lakukan hingga adonan habis.

Adonan kulit yang telah siap digunakan.

Siapkan bahan untuk isi risoles: smoke beef, telur rebus dipotong2, terigu diparut. Ambil 1 lembar kulit risoles. Isi dengan selembar smoked beef, seiris telur, saus salsa dan taburan keju.

Lipat dan gulung risoles. Celupkan dalam kocokan telur dan balurkan dengan tepung roti. Lakukan sampai habis.

Simpan risoles yang telah terbalut tepung roti dalam kulkas atau silahkan langsung digoreng. Melbourne risoles ala Jackie siap disantap. Yummm...

Comments

Popular Posts