Sapo Tahu Ayam





Sapo Tahu, ahhh... siapa yang tidak pernah merasakan makanan ini? Saya rasa semua sudah yah? Kalau belum coba deh 😊.

Makanan ini selalu menginggatkan saya sama Solaria, tempat makan favorit murah meriah kenyang dan bisa berlama-lama duduk 😆  bareng ketiga teman dekat saya di Depok sana. Kita kalau pingin ketemu diluar pilihannya pasti Solaria dan menu yang dipesan tidak jauh dari Capcay atau Sapo Tahu. Kalau laper makannya Capcay, atau Sapo kalau masih kenyang karena nasinya bisa dipisah dibandingkan Capcay yang nasinya campur dengan sayur. Hahahhaa....

Sapo tahu ini cuma pakai ayam. Mungkin bisa ditambah sosis atau udang. Suka-suka sih... disini karena mahal seafood jadi saya pakai ayam aja. Saya kehabisan tepung maizena jadi saya ganti dengan tapioka. Kapri disini ukurannya besar jadi saya bagi dua. Saya jarang pakai bawang putih satuan seperti di Indo, disini ukurannya gede, lebih praktis pakai bawang putih botolan yang sudah halus, minced garlic. 

Setelah merasakan makanan ini, ternyata pasangan saya suka banget. Dia sampai menginggatkan sisa Sapo di masukin kulkas untuk lunch besok. 

Yeahhh... Yuk dicoba siapa tau kalian juga seperti dia suka.
Jackie | Bentleigh


SAPO TAHU

Source: Xander's Kitchen
Disesuaikan dengan bahan didapurku.

1 buah tahu sutra potong2
Dada ayam secukupnya potong kotak2
1 buah wortel, potong2
7 buah kapri, bersihkan ujungnya, potong dua
Kembang kol, potong kecil kuntumnya
1 batang daun seledri
1 batang daun bawang
2 siung bawang putih digeprek (2 sdt bawang putih halus)
2 buah bawang bombay, iris halus
Saus tiram
Kecap ikan
Kecap asin
Kecap.manis
Air
1 sdm Tepung maizena (larutkan dengan sedikit kuah sapo dimangkuk
secukupnya Garam, gula dan merica

  1. Potong tahu dan goreng sampai berkulit, sisihkan. Cuci potong sayur.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan potongan ayam, masak sebentar sampai ayam setengah matang.
  3. Masukkan sayuran, dari yang paling keras: wortel, kemudian kembang kol. Tambahkan saus, kecap, garam, merica dan gula. Tambahkan air. Masak hingga sayuran mulai empuk. Tambahkan kapri dan tahu. 
  4. Cicipi dan koreksi rasanya jika terasa kurang. Kentalkan dengan larutan maizena. Menjelang angkat, masukkan daun bawang dan daun sledri.

Comments

Popular Posts