Perkedel Kentang dan Daging


Punya daging cincang dan bacon yang telah dibumbui dengan saus tiram tapi belum sempat diolah malah disimpan dikulkas. Kepikir untuk dibuat perkedel kentang aja dari pada kelamaan malah rusak dagingnya dan jadi makanan burung liar.

Ngomongin burung liar, di Australia bamyak bamget burung2 liar. Kalau aku hitung burung liar yang main di jalaman belakang rumah paling kurang ada 6 jenis burung. Yang aku tau cuma gagak hitam dan Magpie. Magpie ini lambangnya footy Collingwood. Ada yang tau tentang footy tidak? Itu sepakbola nya Australia. Balik kesoal burung, saya kalau meliat mereka suka kepikiran ... ini kalau di Indo pasti sudah ditangkepin, dijual atau dikandangin. Magpie yang warna hitam putih itu suaranya khas dan mereka burung pintar yang tidak takut sama manusia. Bahkan kalau lagi musim beranak, merka jadi jahat dan menyerang manusia sampai berdarah2 karena takut anaknya / kandangnya diganggu.

Cerita tentang burung mya segitu aja yah. Sekarang yuk Perkedel kentangnya dibuat, gampang dan enak dimakan sama sayur bayam. Seperti yang kami makan malam ini.

Bacon bisa diganti sosis atau diskip.

Jackie | Bentleigh


PERKEDEL KENTANG DAN DAGING

500 grm kentang (saya 2 buah kentang)
100 gm Daging giling
5 siung bawang merah (saya 2 bawang merah, Aussie bawang gede)
5 siung bawang putih (saya 1 1/2 sdt bawang putih jadi)
1 batang sledri iris halus
1 sdt merica
2 butir telur, 1 dicampur dan 1 buat celupan (saya putih telur)
secukupnya Garam, gula

Kupas, cuci, potong2 kentang. Goreng sampai kekuningan tapi jangan terlalu matang.Haluskan kentang panas2. Saya pakai food processor biar cepat. Sisihkan.

Tumis bawang merah, bawang putih dan merica sampai layu dan harum. Haluskan.

Campur kentang dengan tumisan bawang. Masukkan daging yang telah dimasak. Campur dengan garam, gula, telur. Bulat2kan.

Celup dalam telur lalu goreng sampai matang.

Comments

Popular Posts