Kue Nagasari Hunkwe


Kue Pisang adalah kue kesukaan almarhum mama selain kue Cente Manis. Mama sudah pergi  bulan dan ola baru buat kue ini untuk pertama kalinya. Ternyata kuenya gampang saja, nyesel banget dulu tidak pernah terpikir untukmembuatnya untuk mama... I am sorry mom.

Saya menggunakan resep dari Vita Jaurina tapi saya tidak punya daun pisang maka kue saya taruh diloyang dan diberi pisang. Beri jarak diantaranya supaya saat dipotong kotak setelah dingin bisa ada pisang diatasnya. 

Untuk menghasilkan tekstur adonan hunkwe yang mengkilap, sendokkan adonan disaat masih hangat. Adonan hunkwe akan mengeras ketika dingin jadi lakukan selagi hangat.

Jackie | Balaclava

KUE PISANG NAGASARI HUNKWE
  • 1 bungkus (80 gr) tepung hunkwe
  • 125 gr gula pasir, boleh kurang jika tidak suka manis
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa, saya santan kalengan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 4 buah pisang kepok potong serong, saya pisang lady finger

  1. didalam mangkok, campur rata tepung hunkwe, garam dan vanili bubuk. Tuangkan santan, aduk rata. Saring ke panci/wajan. Masukkan gula pasir, aduk rata. Masak cairan diatas api sedang cenderung kecil. Aduk terus menggunakan spatula.
  2. masak sampai adonan menjadi kental, meletup-letup dan licin mengkilap sambil terus diaduk-aduk mencegah adonan menempel pada dasar panci.
  3.  Matikan api saat itu tekstur adonan tidak terlalu kentan namun apabila dingin akan kental. Angkat adonan sampai uap panas berkurang. 
  4. siapkan loyang, sendokan adonan hunkwe dan ratakan diloyang, Beri potongan pisang diatasnya.
  5. Biarkan dingin dan set. Siap untuk dinikmati.

Comments

Popular Posts