Banana Date & Almond Loaf Cake


Jumat malam 28/1/22 saya buat Banana cake ini untuk bekal besok pagi karena saya ada appointment untuk booster jadi sebelum di jab perut harus diisi dulu.

Resep ini melengkapi resep banana cake yang telah saya punya sebelumnya. Gula saya kasih dikit bahkan bisa dikurangi lagi tergantung kemanisan pisang makanya sebelum dimasukkan kocokan telur, icipi dulu manisnya. Kurma disesuaikan saja karena ada kurma ukuran besar dan kecil. Begitu juga dengan kacang bisa pakai kenari atau almond.

Namun sama seperti sebelum2nya, buatnya gampang hanya diaduk2. Banana Cake ini gak pakai susu. Gula saya pakai gula palm. Saya kasih dikit karena manis dari pisang dan kurma. Silahkan jika merasa kurangmanis bisa ditambah, makanya dicoba dulu rasanya sebelum telur kocok masuk.

Kalau gak punya self raising flour, campur:
1 cup terigu + 1 ½ sdt baking powder + ¼ sdt garam
Jackie | Balaclava 2022-0128


BANANA DATE AND ALMOND LOAF CAKE

2 buah pisang matang, haluskna
1/4 cup olive oil atau minyak apa aja
1/4 cup gula palm
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt vanili
1 cup self rising flour
1 sdt baking soda
1/2 cup kacang2an - bisa almond atau apa saja
1 cup kurma

  1. Nyalakan oven 175°C. Siapkan loyang loaf beri alas baking paper atau beri mentega dan taburi tepung tipis2.
  2. Buang biji kurma dan potong ukuran kecil. Cincang juga kacang almond. Sisihkan tapi jangan dicampur nanti bisa mengumpal dan akibatnya pas dah jadi bread nya ada lubangnya.
  3. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan ke mangkok besar. Tambahkan olive oil, gula, kocokan telur dan vanila. Aduk denga whisk (kocokan kawat) sampai tercampur rata.
  4. Campur terigu dan baking soda. Masukkan kedalam adonan basah. Menggunakan spatula aduk tapi jangan berlebihan nanti kue bantet. Masukkan kurma dan kacang almond. Aduk seadanya.
  5. Tuang adonan ke loyang dan panggang sampai matang. Saya kira2 35 - 40 menit tapi tergantung ove masing yah. Gunakan tes dgn tusuk gigi dan tusuk ditengahnya jika keluar bersih maka sudah matang. Biarkan Banana Bread dingin baru dipotong.

Comments

Popular Posts