Sapo Tahu Ayam


Hampir sebulan saya dirumah mama di Depok, urusan saya disini belum selesai dan.... mulai merasa nyaman hmmm... malas balik ke Melbourne yang sekarang sudah mulai dingin. Suami saya mulai terdengar sedikit merajuk hahaha karena pulang kerja musti masak untuk makan malamnya. Kalau saya tanya, apa aja isi kulkas dia bilangnya kosong belum sempat belanja adanya susu dan roti untungnya di pantry banyak tuna kalengan jadi hampir tiap malam dia makan itu.

Kalau saya lagi di Melbourne dan malas keluar rumah, saya suka buat Sapo Tahu dan isinya suka2 aja disesuaikan dengan bahan yang ada dirumah seperti kalau punya wortel... masukkin, punya kembang kol atau buncis atau brokoli, sawi putih apa aja bisa dimasukkan kecuali pare atau terong yah hmmm belum pernah coba sih. Kalau tidak ada udang, ayam dan punyanya cuma sosis yah syah2 aja. Kalau tidak punya tahu, tidak apa2 tapi jadinya capcay yah. Pokoknya masakan ini penolong disaat kritis. Simple dan buatnya cepet. Ihhh saya mana mau lama2 didapur, maunya buru2 selesai dan merajut.

Hari ini saya memasak Sapo Tahu Ayam untuk makan siang kami di rumah mama. Saya pilih ayam karena mama saya tidak boleh makan seafood karena penyakitnya. 
Selamat makan mama 💓

Jackie | Depok

SAPO TAHU AYAM

1 buah tofu, potong-potong
secukupnya filet ayam, potong kotak-kotak
5 lembar sawi putih, robek kasar
1 batang wortel, iris
1 bongkol kembang kol, potong perkuntum
1 batang daun bawang
1 batang sledri
2 siung bawang putih, geprek
1/2 buah bawang bombay
saus tiram
kecap asin
kecap ikan
kecap manis
secukupnya garam, gula, merica dan air
larutkan 1 sdm maizena untuk mengentalkan

Goreng tofu sampai berkulit. Sisihkan. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan masukkan ayam.

Masukkan wortel kemudian sayur lain dan tambahkan saus, kecap, garam, gula, merica dan air secukupnya.

Masak sampai sayur cukup empuk. Masukkan tahu. Aduk dan cicipi. Kentalkan dengan larutan maizena, menjelang angkat angkat dan masukkan daun bawang dan seledri.

Comments

Popular Posts