Baso



Pagi hujan turun, cuaca lumayan dingin 8°C. Sudah beberapa hari ini saya rencana mau buat bakso tapi tertunda karena tidak punya baking powder. Dingin2 gini paling enak kan makan semangkok bakso dengan kuahnya yang ngebul hangat. Iya kan? 😋 jadi biarpun cuaca tidak bersahabat, dengan terbungkus jaket tebal saya jalan ke supermarket buat beli baking powder. Syukurnya hujan disini malu2 tidak pernah sederas di Indo. Disini mah turunnya dikit2 trus berenti trus hujan lagi.

Ini pertama kalinya saya buat Baso, saya pakai resepnya Xander's Kitchen. Sebelum pergi saya sudah keluarkan daging dari freezer dan rendam air panas. Saya tidak pakai daging fresh tapi jangan takut jadinya kenyal kok dan enak.

Jackie | Bentleigh

BASO
300 gram daging sapi, potong2 
1500 ml air untuk merebus
4 sdm tepung tapioka
8 cube es batu
2 sdt garam
2 siung bawang putih haluskan
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt baking powder

Masukkan potongan daging sapi dan es batu ke food processor dan proses sampai benar2 halus.

Tambahkan putih telur, garam, merica, baking powder, bawang putih dan tepung tapioka proses lagi sampai tercampur rata dan halus.

Didihkan air di panci besar (jgn seperti saya kekecilan 🤣) lalu matikan kompor.

Ambil adonan bakso dan bulatkan menggunakan 2 sendok atau pakai skop ice cream biar bulat. Masukkan bakso ke air panas. Lakukan sampai habis. Nyalakan lagi api kompor. Rebus bakso sampai matang.

Angkat bakso, masukkan ke air es. Tiriskan. Bakso bisa langsung dimakan, dimasak atau disimpan di kulkas.

Comments

Popular Posts