Wajik Versi Lembek


Sudah direncanakan dari berminggu2 lalu untuk buat wajik. Makanya saat belanja di supermarket asia langsung beli beras ketan tapi bikinnya seminggu setelahnya 😂 yang penting beli dulu kan 😊

Wajik in jenis yang lembek yah, kalau kata saya wajik orang Jawa soalnya wajik Ambon agak keras tapi empuk. Saya tanya sama yang biasa bikin tapi mereka tidak mau kasih tau. Saya menemukan resep ini dari Cory Rahmania. Ini pertama kalinya saya buat wajik dan caranya gampang. Saya ikuti resepnya, tapi saya tambahkan daun pandan supaya wangi dan ukurannya saya kurangi karena kami cuma berdua saja yang makan. Mungkin kalau pulang ke Indo saya buat ukuran aslinya. 

Saya kasih nama Wajik Lembek karena memang lembek walau saya suka. 
Jackie | Bentleigh 2019-0630

WAJIK VERSI LEMBEK

  • 500g beras ketan- 2 cup beras
  • 250g gula merah – 1 gula merah besar
  • 350 ml air – 100ml
  • 1 sashet kara – 200 ml santan kental
  • 5 lbr daun pandan

  1. Rendam beras ketan semalaman. (Saya rendam sehari semalam 😉)
  2. Angkat lalu tiriskan. Kukus beras ketan sampai setengah matang
  3. Sementara itu masak air, santan, daun pandan, gula dan garam. Aduk2 terus supaya santan tidak pecah. Masak hingga gula larut. Matikan kompor
  4. Jika beras sudah setengah matang segera pindahkan ke panci berisi air gula. Aduk hingga tercampur rata. Bentuknya akan seperti bubur. Nyalakan kompor api kecil saja dan aduk kembali sampai air gula habis dan ketan masak.
  5. Tuang adonan wajik ke loyang yang telah dialasi plastik. Biarkan dingin dan mengeras. Potong2.

Comments

Popular Posts