Arem - Arem


Saya senang banget akhirnya bisa makan Arem-arem. Seandainya kalian tahu girang banget! Tiga kali Ramadhan saya lewati disini, semenjak Covid Maret 2020 saya tidak bisa pulang. Biasanya tiap 3 bulan saya pulang kampung.

Arem-arem adalah salah satu makanan yang selalu dicari saat berbuka puasa selain gorengan atau kolak. Dimakan bersama dengan bumbu kacang. 

Beberapa waktu lalu saya menginap dirumah Bu Wayan dan dikebunnya ada pohon pisang. Saya minta untuk dibawa pulang dan sudah tidak sabar mau buat Arem-arem. Daun pisang sangat mahal disini, 1 pak isi beberapa lembar harganya $10 atau Rp.100,000 Saat membuat Lemper tempo hari saya mengunakan plastik begitu juga saat membuat Pepes Tahu, saya menggunakan almunium foil. 

Selamat merayakan Good Friday, Easter Sunday dan untuk yang berada di Australia ada tambahan hari libur Ester Monday. Long Weekend kita disini, puas deh.

Jackie | Balaclava


AREM-AREM

10 buah kentang ukuran sedang
1 buah wortel
2 buah daun bawang
5 bawang merah
4 bawang putih
secukupnya garam, lada dan gula
secukupnya kaldu jamur
plastik bening
secukupnya daun pisang -  panaskan di atas kompor supaya lembut dan tidak robek saat dilipat. Potong sesuai ukuran

  1. Bahan isian: potong dadu kecil kentang dan wortel. Saya pakai frozen veggies. Iris daun bawang, kedua bawang dan cabe. Tumis bawang merah dan putih hingga harum. Masukkan wortel, kentang dan daun bawang. Kasih sedikit air. Masak hingga matang dan mengering. Kasih garam, lada bubuk dan kaldu jamur. Koreksi rasa. Sisihkan.
  2. Geprek sereh, cuci bersih beras dan daun jeruk. Di panci masukkan beras, daun jeruk, sereh, daun salam, santan dan garam. Masak sampai meletup-letup, aduk-aduk sampai mengering,
  3. Haluskan nasi dengan ulekan yang dipakaikan plastic atau pakai sendok kayu sampai lembut. Lalu tutup panci dan diamkan selama 30 menit.
  4. Penyelesaian, ambil plastic bening dan tuang 2 sdm nasi lalu pipihkan dan beri isian ditengahnya, kepalkan bentuk lonjong. Pindahkan ke daun pisang dan gulung.
  5. Tekan ujungnya (bagian nasi) dengan sondok supaya padat. Lalukan disisi satunya dan lipat sesuai selera. Lakukan sampai habis.
  6. Panaskan kukusan dan kukus selama 1 jam agar tidak mudah basi.

Comments

Popular Posts