Thai Lemongrass Chicken


Ayam goreng ini enak loh. Saya ambil resepnya dari Marion dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Seharusnya serai hanya ditumbuk pakai ulekan tapi karena saya tidak punya maka diblender kasar saja. Makannya sama nasi panas dan daun jeruknya membuat makanan ini cocok banget. Saya suka! Kami suka!! 

Dari suburb cantik dipinggir pantai St. Kilda, saya ucapkan selamat berbuka puasa untuk yang menjalankan ibadah puasa.

Jackie | Balaclava

THAI LEMONGRASS CHICKEN

500 gram ayam filet - saya seadanya saja
2 batang serai
minyak untuk mengoreng
  1. 5 daun jeruk, buang tulang dan iris halus
2 sdm maizena atau 3 sdm terigu

campur di mangkok kecil:
5 bawang putih, iris halus
2 sdt bubuk ketumbar
2 sdm lada hitam
2 sdm saus tiram
1 sdm fish sauce
1 sdt gula - saya gula palem

  1. potong dada ayam bentuk dadu dan taruh di mangkok. Potong serai sepanjang 4 cm dan blender kasar. Tuang serai ke mangkok ayam dan campur rata.
  2. cincang halus bawang putih, letakkan di mangkok kecil. 
  3. tuang bubuk coriander, lada hitam, saus tiram, fish sauce dan gula aduk rata. Koreksi rasanya. Tuang ke mangkok berisi ayam. Aduk rata.
  4. Tuang tepung dan campur sampai ayam berbalut tepung. Adonan akan menjadi lengkep.
  5. Tuang minyak di wajan, nyalakan api, tunggu sampai panas dan masukkan potongan ayam. Masak hingga kekuningan.
  6. Angkat ayam letakkan di piring dan kasih irisan daun jeruk. Campur rata. Sajikan dengan nasi selagi panas.

Comments

Popular Posts