Bubur Kacang Hijau Biji Mutiara



Cuaca hari ini dingin 15C setelah kemarin 29C. Kalau gak bakuat dengan vitamin bisa drop. Saya pikir enak nih kalau buat bubur kacang hijau dicampur biji mutiara. Saya buat versi yang lebih sehat tidak pakai santai tapi pakai susu cair. Menurut saya buburnya sudah manis jadi tidak perlu susu kental manis lagi. Jika suka bisa ditambah jahe untuk menghangatkan tengorokan, saya gak pakai karena kehabisan jahe.

Saya merebus kacang hijau dan biji mutiara dengan metode 5:30:7. Rebus 5 menit. Matikan kompor dan tutup panci, biarkan selama 30 menit. Nyalakan kompor dan rebus lagi 5 menit. Kacang hijau dan biji mutiara direbus terpisah baru kemudian biji mutiara dimasukkan ke panci berisi kacang hijau yang telah matang.

Dari suburb cantik dipinggir pantai St. Kilda, mari kita nikmati semangkok hangat bubur kacang hijau mutiara ini.

Jackie | Balaclava




BUBUR KACANG HIJAU BIJI MUTIARA

sagu mutiara
2 genggam kacang hijau
2 lempeng gula merah
2 lembar daun pandan
sedikit garam
air untuk merebus
susu cair

  1. Kacang Hijau: cuci bersih kacang hijau, saya tidak direndam lagi tapi langsung direbus dengan cara rebus 5 menit. Matikan kompor dan tutup panci jangan dibuka sampai 30 menit, nyalakan kompor dan rebus 7 menit lagi. Biasanya kacang akan empuk dan pecah selama didiamkan 30 menit itu.
  2. tambahkan gula merah, daun pandan dan garam. Masak hingga gula merah larut.
  3. Biji Mutiara: pada panci yang lain, didihkan air dan masukkan sagu mutiara, daun pandan dan rebus sampai mendidih. Matikan api, tutup panci. Biarkan 15 menit. Rebus lagi dan matikan api dan tutup lagi. Biarkan sagu mutiara matang. Diliat dari warnanya bening. Tuang sagu mutiara ke mangkok berisi kacang hijau.
  4. penyelesaian: dalam mangkok tuang bubur kacang hijau mutiara dan beri susu cair diatasnya. Enak deh.

Comments

Popular Posts