SAMBAL MATAH BALI


Saya teringat pertama kali makan pakai Sambal Matah di Bali tahun 2017. Saat itu suami dari keponakan saya duduk mengiris banyak sekali bawang merah. Saya tidak terpikir bahwa dia akan membuat samba. Saat sudah jadi ternyata enak sekali sambal ini. Laki-laki Bali katanya memang jago memasak.

Minggu lalu kami menginap dirumah teman di pinggiran kota Melbourne dengan halaman yang luas penuh dengan sayuran dan buah. Saat pulang saya dibekali dengan bawang, aneka cabe, daun jeruk dan masih banyak lagi. Saya pun memutuskan untuk membuat sambal matah. 

Pasangan saya suka, rasanya mantap kata dia. Makasih darl! Dari suburb cantik dipinggir pantai St, Kilda yang hari ini mataharinya ngumpet.

Jackie | Balaclava

SAMBAL MATAH BALI

10 cabe
8 bawang merah - saya pakai 1 onion banana (bawang merah gede)
2 batang serai
1 sdm air jeruk nipis
3 lembar daun jeruk, buang tulang
secukupnya garam
secukupnya gula - saya pakai gula palem

  1. Cuci bersih bahan-bahan dan iris halus semuanya, letakkan dalam mangkok. Tambahkan garam, gula, air jeruk nipis, aduk rata sambal kemudian ditekan2. Saya tekan-tekan pakai sendok aja 😊
  2. Panaskan minyak, tuang segera minyak panas di mangkok berisi sambal. Aduk rata.

Comments

Popular Posts