Nasi Bakar Tuna Kalengan



Bahagia saya sederhana, punya daun pisang! 

Daun pisang adalah barang mahal untuk saya disini, 1 gendol berisi beberapa lembar daun dibandrol hampir $10 di toko Indonesia. Saya beberapa kali membuat masakan yang harusnya memakai daun pisang saya pakai plastik seperti lemper kukus atau pepes tahu saya bungkus dengan almunium foil.

Makanya saya bahagia sekali saat menginap dirumah bu Wayan ada pohon pisang dan saya boleh membawa pulang daun pisang selain cabe, kangkung dan daun jeruk. 

Perkenalan saya dengan nasi bakar tuna berawal dari kak Disca yang membuat nasi bakar tuna enak banget dan saya jatuh cinta dengan makanan ini. Beberapa kali kita pesan nasi bakar ke kak Disca, lalu tante Tari juga membuat nasi bakar dan pesanan nasi bakar kita beralih ke tante Tari yang lebih dekat rumah. 

Akhirnya malam ini kita makan nasi bakar hasil masakan saya. Hehehe ternyata saya bisa juga yah buat nasi bakar. 
mama.... ola bisa masak nasi bakar ma! 
Jackie | Balaclava



NASI BAKAR TUNA KALENGAN

1 cup beras 
1 kaleng tuna (saya pakai tuna in oil)
Daun pisang secukup nya, panasksn diatas kompor biar gampang dilioat. 

bumbu :
1 banana shallot besar (10 bawang merah) iris tipis
4 batang serai, iris halus
Secukupnya kemanggi - tdk ada
4 cabe rawit
3 daun jeruk
garam secukupnya 

  1. Iris bawang merah dan sereh 
  2. Panaskan wajan tuang 1 sdm minyak,tumis  bawang dan serai sampai agak layu
  3. kemudian masukkan cabe rawit disusul tuna kaleng,tumis sampai agak kering.
  4. lalu masukkan nasi dan bumbui garam, aduk2 koreksi rasa. 
  5. Setelah bumbu tercampur rata dengan tuna, masukkan kemanggi dan daun bawang. 
  6. Siapkan daun pisang yang sudah di bersihkan,tuang nasi di atasnya lalu gulung,sematkan tusuk gigi di ujung2 nya. 
  7. Panaskan wajan,bakar nasi sampai daun pisang berubah warna (biar aroma wangi keluar saya oles daun pisang dengan sedikit minyak goreng) bolak balik.setelah daun agak gosong angkat,enak di makan dengan lalapan ataupun sambel.

Comments

Popular Posts