Pallu Butung



Perkenalan saya dengan Pallu butung saat kuliah di Manado dulu. Sebagai anak kost, saya tinggal bersama 2 teman dari Makasar, Peggy dan Jolla. Peggy sering kali membuat Pallu butung. Dulu kami tidak pakai es dan sirop jadi makannya hangat2. Enak. Kenangan ini terus terbawa hingga hari ini. Saya browsing di Google dan menemukan bahwa Palubutung bisa dimakan dingin dengan es dan pakai sirop. Sinyo yang masa kecilnya tinggal di Makasar juga ingin makan Es Pallu butung. Cocok dengan cuaca yang hangat saat ini.  Akhirnya saya bisa mengenang masa jadi anak kost dengan memakan Pallu butung pakai Es ini 😁

Jackie | Balaclava


PALLU BUTUNG

1/2 sisir Pisang Kepok- saya pisang secukupnya
700 ml air
daun pandan, simpulkan
2 bungkus santan instant kara 65ml
5 sdm tepung beras
5 sdm gula pasir
sedikit garam

  1. potong pisang, rebus bersama sebagian air dan daun pandan
  2. tambahkan gula, masak hingga pisang lunak
  3. larutkan santan, tepung beras, gula dan garam lalu tuang kedalam panci.
  4. masak hingga matang.
  5. sajikan bersama sirop
  6. bisa dimakan hangat atau dingin dengan es batu

Comments

Popular Posts