Ayam Kecap Pedas


Waktu anaku masih bersekolah di sekolahnya yah lama, saya sering kebagian jadi volunteers masak untuk lunch anak2. Dan kalau saya masak ayam kecap mereka bisa berebutan nambah. Rahasianya bawang merah yang banyak, kecap manis dan dimasak dgn api kecil sampai bumbu meresap. Kalau dulu saya biasa pakai ayam filet karena lebih praktis, hari ini pasangan saya "request" pakai chicken wings dan harus digoreng lebih dahulu, dan pedas. Ok lah! Resepnya dulu tidak pakai kecap Inggris, jahe atau cabe. Karena untuk anak-anak jadi dibuat tidak pedas. Sekarang lebih wangi karena pakai kecap Inggris. 

Bawang merah disini besar2 seperti bawang bombay gitu gedenya. Bawang merah ada yang khusus untuk salad ada juga yg buat masak tapi memang ukurannya giant 😁.

Saya tidak bs mengukur banyaknya kecap karena tinggal crot crot aja langasung diatas wajan. Jadi harus diicip2 sendiri aja. Maaf. Bumbu harusnya dihaluskan tapi saya iris2 saja.

Yuk ahhh saya makan dulu yah.
Jackie. | Bentleigh


AYAM KECAP PEDAS
4 buah sayap ayam ukuran besar, potong 2 atau 500 grm ayam potng
2 buah lemon, peras (bagi 2 untuk rendaman dan kucuran di ayam)
kecap manis
kecap Inggris 
Saus tiram
2 buah cabe, iris2
Sejempol jahe, parut
secukupnya Garam, merica
Minyak untuk mengoreng
secukupnya Air
Bumbu Halus:
10 buah bawang merah,, iris (saya 4 Bawang merah krn besar2)
2 buah bawang putih, iris

Cuci ayam, lumuri dengan garam dan jeruk lemon. Simpan dalam kulkas selama 1 jam. Keluarkan ayam. Panaskan minyak secukupnya, goreng ayam dalam minyak panas sampai setengah matang. Sisihkan.

Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai transparan dan berbau harum. Masukkan cabe, bawang putih dan jahe. Aduk hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum.

Masukkan ayam goreng. Beri Saus Tiram, Kecap Inggris, Kecap Manis, garam dan lada. Beri air sampai ayam agak terendam. Aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Koreksi rasanya tambahkan kecap jika dirasa kurang.

Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap ke ayam dam air menyusut. Terakhir sebelum diangkat, kucuri air lemon. Aduk dan angkat. Sajikan.

Comments

Popular Posts