Siomay Ayam Enak


 
Saya kangen makan Siomay. Kalau di Depok, saya biasa beli Siomay langganan dari jaman masih SMA yang mangkal di Jalan Baru walau kebanyakan mecinnya 😍. Waktu saya masih tinggal di Bogor, saya punya langganan Siomay depan Apotik di Pasar Anyar. Biasanya sehabis beli kain untuk quilting saya akan mampir untuk beli siomay dan ini memang enak. Jualnya di sepada aja tapi ini jenis siomay Cina gitu, sedap banget!. Jaman tahun 2010 harga satuannya saja sudah Rp. 2500 gimana sekarang yah? Sementara harga Siomay di Melbourne $12-$15. Mahal sekali yah.

Saya browsing Siomay di youtube dan menemukan Siomay ayam dari Devina Hermawan. Saya pilih Siomay Ayam karena harga ikan disini cukup mahal. Semangat banget saya mencoba membuatnya. Saat Sinyo pulang kerja dia penasaran dan mencoba dan dia bolak-balik ke dapur nyomotin Siomay yang baru dikukus. Dia cocol di saus kacang, pakai saus kacang dari bumbu ketoprak. Saya cuma buat Siomay saja tidak pakai telur, tahu dll. Senang banget menemukan resep Siomay ayam yang enak dan gampang banget dibuatnya.

Jackie | Balaclava



SIOMAY AYAM

500 gram ayam filet
90 gram labu siam
2 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica
1 butir putih telur
1 sdm kecap ikan
1 sdm bawang putih halus
3 batang daun bawang
3 sdm minyak goreng
100-150 es batu atau air es
220 gram tepung tapioka
40 gram tepung terigu protein sedang

  1. parut halus labu siam, peras dan ambil ampasnya
  2. iris halus daun bawang lalu goreng dengan minyak sebentar dan sisihkan
  3. food processor: masukkan setengah filet ayam, bawang putih halus, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan merica. Proses sampai halus
  4. masukkan sisa ayam, es batu, putih telur dan kecap ikan, haluskan kembali tapi kasar saja jangan telalu halus
  5. tuang dalam mangkok dan masukkan labu siam, daun bawang beserta minyaknya, tepung terigu, tepung tapioka. Aduk rata.
  6. siapkan kukusan dan olesi minyak. Bentuk bulat adonan dan masukkan ke kukusan yang sudah panas.
  7. kukus sampai matang. Angkat dan sajikan dengan saus kacang.

Comments

Popular Posts