Mie Siram Kuah Kari Udang



Suami saya siang selalu pulang kerumah untuk makan siang dan istirahat. Cuaca musim gugur yang berangin dingin membuat saya ingin memasak sesuatu yang berkuah. Saya teringat masih ada udang dikulkas walau cuma dua kayaknya enak dibuat sup kuah kari yang dimakan dengan mie.

Saya mulai mencari2 resepnya Marion. Saya suka semua resep dia karena mengabungkan Barat dan Timur. Resep ini aslunya Singapore Chili Prawns tapi saya karena saya tidak mau menambahkan telur kocok di kuah kari jadi saya ganti aja namanya jadi Mie Siram Kuah Kari Udang karena kalau tetap memakai nama yang asli tidak cocok karena Singapore Chili Prawns. Saya juga tidak memakai soybean paste. Tapi percayalah rasanya tetap enak, ada rasa manis, kecut, asam. Seger sekali dicuaca yang dingin.

Mari kita makan.
Jackie - Balaclava


MIE SIRAM KUAH KARI UDANG

Udang kepala dan ekor dibiarkan utuh tapi badannya sudah dikupas dan dibuang uratnya
5  cabai merah cincang kasar
6 siung bawang putih, cincang kasar
2 bawang merah Asia merah, cincang kasar
1 ruas jahe cincang halus
¼ cangkir saus tomat
1 sdm kecap
2 sdm gula
1 sdt garam 
3 sdm minyak sayur
1 sdm tepung maizena (maizena) dicampur dengan 1 sdm air
1 batang daun bawang, iris halus daun bawang untuk taburan 

  1. Masukkan cabai, bawang putih, bawang merah, dan jahe ke dalam food prosessor dan proses hingga bahan-bahannya dicincang halus.  Sisihkan untuk nanti. 
  2. Dalam mangkuk besar, campurkan saus tomat, kecap, gula, garam, dan 1½ gelas air.  Sisihkan untuk nanti. 
  3. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang-tinggi.  Masukkan campuran cabai dan masak selama 10 menit, aduk terus sampai bawang merah bening dan campuran tidak lagi terasa 'mentah'.  Nyalakan api besar lalu tambahkan campuran saus tomat.  Didihkan selama 2-3 menit agar bumbu meresap. 
  4. Kemudian tambahkan udang dan aduk hingga rata.  Tutup dengan penutup dan masak selama 5-6 menit atau sampai udang matang.  
  5. Tuang campuran tepung maizena dan masak, aduk sebentar atau sampai sausnya kental. 
  6. Pindahkan udang dan saus ke mangkok.  Taburi dengan daun bawang dan sajikan

Comments

Popular Posts