Sayur Acar Kuning


Acar Kuning adalah sayuran yang selalu ada diatas meja rumah kami di Depok dalam acara ulang tahun atau makanan sehari-hari. Mama saya selalu menyiapkan ikan goreng sebagai teman sayur ini dan saya hanya tinggal makan saja bahkan tidak bantu potong sayur atau bumbu. Bahkan saya request, mama ola mau ikannya jangan terlalu garing yah. 

Mama... 

Sekarang saat saya jauh dan mama sudah tidak ada lagi, saya merindukan masakan mama. Tiada jalan lain harus masak sendiri. Ternyata tidak sesulit yang saya kira asal ada kemauan pasti bisa walau sudah terlambat. Sayur ini mungkin tidak seenak buatan mama tapi dengan memasak dan memakannya membawa saya kembali kemasa lalu.

Mama, Ola kangen.
Balaclava


SAYUR ACAR KUNING

Potong bentuk stick:
  • 1 wortel
  • 1 ketimun
  • 10 buncis
Haluskan:
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kermiri
  • 1 jempol jahe
  • 1 jempol kunyit
secukupnya garam, gula, lada dan kaldu bubuk 
1 sdm cuka

  1. tumis bumbu halus sampai matang
  2. masukkan wortel, campur dengan bumbu dan beri sedikit air
  3. masukkan buncis, aduk rata
  4. masukkan ketimun, campur rata
  5. tambahkan garam, gula, lada, kaldu bubuk dan cuka aduk rata. Angkat

Comments

Popular Posts