Coconut Cake Only 5 Ingredients


Today, Monday is a bridge day in Melbourne because tomorrow is a holiday, the Melbourne Cup. As I say, tomorrow is gambling day.  Since last Saturday, Sinyo has been asking to make him sponge cake but I only had time today.  

Hari ini, Senin adalah hari kejepit di Melbourne karena besok libur,  Melbourne Cup. Kalau kata saya, besok itu hari judi mempertaruhkan kuda mana yang menang.  Sejak Sabtu, Sinyo sudah minta dibuatkan kue bolu tapi saya baru sempat buatkan hari ini. 

I decided to make Coconut Cake. If you like cakes that are easy to make then this recipe is perfect. Only uses 5 ingredients. No eggs, butter, oil or mixer needed... because I don't have a mixer at home. All you need is one bowl, spatula or wooden spoon. My recipes are always easy and fail-proof as long as you don't overdo the mixing which can make the cake sticky.

Saya memutuskan untuk membuat Coconut Cake. Jika menyukai cake yang gampang dibuatnya maka resep ini sangat cocok. Hanya mengunakan 5 bahan saja Tidak diperlukan telur, mentega, minyak, atau mixer... karena saya memang tidak punya mixer dirunah ini. Yang diperlukan hany satu mangkuk, spatula atau sendok kayu saja. Resep saya memang selalu gampang dan anti gagal asal saat mengaduk tidak berlebihan yang bisa membuat cake bantat.


NOTE:
1. Self raising flour:
I use self-raising flour. If you don't have self-raising flour, make it by simply adding 2 tsp baking powder to 1 cup flour.

Tepung self-raising:
Saya mengunakan tepung self-raising. Jika tidak memiliki tepung self-raising, buatlah hanya dengan menambahkan 2 sdt baking powder ke dalam 1 cup tepung.

2. I use orange peel to make it smell good. Can be orange or lemon. It's best to have fresh oranges so they're easy to grate and produce more results. Be careful when grating, don't let the white skin come along because it will become bitter.

Saya pakai kulit jeruk supaya wangi. Bisa jeruk atau lemon. Sebaiknya jeruk yang fresh supaya gampang diparut dan hasilnya lebih banyak. Hati2 memarut jangan sampai kulit bagian putih keikut karena akan menjadi pahit. 

3. I use instant grated coconut. I checked in the online shop and it is also sold so friends in Indonesia can buy it on Tokopedia.

Kelapa parut saya pakai yang instant. Saya cek di toko online juga dijual jadi untuk teman-teman di Indonesia bisa membeli Kelapa Kering di Tokopedia.

The cake is soft even though you don't use butter, oil or eggs and just mix it. Suitable for people who don't want to be complicated like me 😍

Cakenya empuk walau tidak pakai mentega, minyak, telur dan buatnya cuma dicampur-campur saja. Cocok untuk orang yang gak mau ribet seperti saya 😍

Jackie | Balaclava 


COCONUT CAKE 

1 cup tepung self-raising
1 cup kelapa kering 
1/2 cup gula pasir
1 cup susu cair
Parutan kulit jeruk/lemon  (dari 1 jeruk/lemon)

Olesi loyang ukuran 9 inci /23cm dengan mentega dan alasi dengan kertas roti/kertas roti.


Dalam mangkuk sedang masukkan tepung self-raising, parutan kulit jeruk, kelapa kering dan gula. Aduk dengan spatula sampai tercampur. 


Tambahkan susu.



Aduk dengan spatula hingga tercampur. Jangan mengaduk secara berlebihan. Pencampuran yang berlebihan akan menyebabkan kue menjadi berat dan padat.


Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi alas roti dan panggang selama 45 menit atau sampai tusuk sate keluar bersih

Comments

Popular Posts