Pergi Pulang Sekolah Naik PT

Sejak menyandang status murid, saya selalu berangkat dan pulang sekolah naik transportasi umum disini disebutnya PT- Public Transportation.  

TRAM

Perjalanan saya dari rumah ke sekolah di Ormond dimulai dengan menunggu tram 67 di stop 43 tidak jauh dari rumah. Saya naik tram yang datang jam 8.13. Selain bisa liat di apps PT, di tiap tram stop ada jadwal kedatangan tram. Ini model yang lama, kalau di tram stop di depan stasiun kereta tertentu seperti di depan Glen Waverley railway station, informasi tram bisa dilihat di layar TV besar di tram stop nya.







Tram adalah transportasi umum ikon dari kota Melbourne. Daya tarik untuk pemdatang yang belum pernah merasakan naik tram srperti saya sebelumnya. 

Saat naik kita harus tap atau menempelkan kartu Myki di mesin yang tertempel di tiang2 tram.  Kita cuma perlu tap saat naik dan tidak perlu tap lagi saat turun. Cukup 1x saja.  Menjelang tiba ditujuan, kita bisa memencet tombol yang terdapat di tiang atau menarik label yang melintang antara tiang diatas kepala kita. Unik yah. 

Oya kalau kita naik tram dalam city, gratis. Contoh saya naik depan Flinders mau ke Melbourne Library, saya gak perlu nge-tap tapi melewati CBD tetap harus tap lagi. Jadi gak perlu capek jalan di city naik tram aja 😀tapi saya lebih memiliki jalan sih, lebih sehat ha haha.


KERETA




Kereta api di Melbourne adalah kakak dari trem. Mereka mengangkut orang-orang bagian luar Melbourne hingga ke pinggiran kota bagian dalam dan CBD. Tergantung di mana kita berada dan tujuan kita, kereta terkadang merupakan pilihan yang lebih cepat daripada trem atau bus. Namun kereta bisa saja penuh sesak saat jam sibuk, jadi hindari bepergian pada pagi atau sore hari jika memungkinkan.


Sebelum naik kereta kita harus tap dulu di stasiun masuk dan keluar. Saat kereta datang kita harus menekan tombol yang ada di pintu kereta untuk membuka pintu. Kalau tidak ditekan gak akan kebuka pintunya 😂 Begitu juga saat kita mau turun, tekan tombol di pintu untuk membuka. 



BIS

Kalau saya belajar di Carnegie Library,  saya harus naik bus dari rumah. Di pojok jalan ada bus stop yang sebelumnya tidak pernah saya perhatikan sampai saatnya saya harus mengunakan bis untuk sampai di Carnegie. 

Saya jarang liat bus lewat di jalan itu hanya tram saja. Ternyata bus lewat dalam waktu tunggu yang agak panjang dibandingkan tram. 

Bus adalah pahlawan tanpa tanda jasa dari sistem transportasi umum Melbourne yang didominasi kereta api. Trem mungkin tidak memiliki keunggulan yang sama dengan trem, namun mencakup lebih banyak wilayah. Kita tidak akan menemukan trem yang akan membawa Anda langsung ke pusat perbelanjaan terbesar di Australia, Chadstone, tapi bus bisa menemukannya. Terdapat lebih banyak rute bus dibandingkan trem, rute yang ditempuh lebih jauh ke pinggiran kota, dan perjalanan melintasi kota lebih langsung dibandingkan pilihan transportasi umum lainnya. Pastikan untuk menyalakan dan mematikan Myki kita saat menggunakan bus, dan lepaskan ransel  sebelum naik.

Comments

Popular Posts