Ayam Goreng Mentega


Lagi atur2 pantry dan menemukan tepung KOBE. Baru teringat waktu balik terakhir dari Indonesia bawa tepung KOBE gara2 ngerasaan tahu goreng KOBE, enak juga... 🤣 mecin. Tepung ini saya pakai untuk buat Ayam Goreng Mentega.

Ayam goreng mentega merupakan peranakan dari Belanda karena ada saus inggris dan mentega. Resepnya terinspirasi dari Ayam Goreng Mentega nya Deesawitri. Saya agak merubah resepnya:
1. daripada bikin sambal korek nya sendiri, saya malah masukan cabe pada bahan saus mentega supaya lebih simple.
2. Saya juga tambahkan jahe karena saya suka masakan ada rasa jahe terutama saat winter begini.
3. Saya pakai perasaan lemon saat marinated supaya ada rasa asem2 jeruk saat digigit. 

Kalau mau liat resep asli nya langsung ke cookpad DeeSawitri aja yah. Menurut saya, Ayam Goreng Mentega ini enak. Ini kali ke dua dalam 2 minggu saya masak Ayam Mentega. Pertama kali pakai paha ayam, tapi saya lebih suka kalau pakai filet. Potong ukuran kecil, berbalut tepung KoBe. Saat dimakan habis cres cres enak. Saus nya mantap lengket dijari enak dijilat ada rasa manis pedas dan asam. Saran saya Saus Inggris dan butter penting, jangan diskip atau diganti dengan mentega (kalau bisa...)

Jackie | Bentleigh


AYAM GORENG MENTEGA
Bumbu marinated:
1/4 kg ayam potong kecil2 (saya filet)
1 lemon, peras
1 bawang putih haluskan / parut
1/2 sdt lada bubuk
Bahan untuk mengoreng ayam:
1 telur
3 sdm Tepung bumbu Kobe
6 sdm terigu
2 sdm maizena

Bahan saus mentega, capur dimangkok:
5 sdm kecap inggris (Worcestershire)
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
1 sdm gula pasir
2 sdm mentega (saya 50 gr butter)
1 cabe keriting
5 cabe rawit
Sejempol jahe, parut

Bumbu Tumis:
2 sdm mentega
1/2 bawang Bombay potong tebal, suir2


Cuci bersih ayam, campur dengan bahan marinasi (tanpa air). Diamkan 1 jam di kulkas.


Sementara itu campur rata bahan tepung. Ambil ayam dr bumbu marinasi (tidak perlu dicuci/dibilas air). Celupkan ke kocokan telur, masukkan ke tepung kering, campur sampai terbalut tepung. Goreng dengan minyak panas (api sedang) sampai kecoklatan. Sisihkan.

Saus mentega: campur semua bahan saus mentega (kecuali mentega). Aduk rata, sisihkan.

Tumis bawang bombai dengan mentega sampai harum. Masukkan campuran saus, aduk rata dan tunggu sampai meletup-letup. Masukkan mentega, aduk smpai mencair dan tercampur rata.

Masukkan ayam goreng, aduk sampai merata. Tunggu sebentar. Angkat. Selamat menikmati ya.

Comments

Popular Posts