Tinutuan - Bubur Manado


Kami kangen Tinutuan!
Tinutuan ini enak bangetttt!!!

Menurut saya rasanya sama seperti Tinutuan yang biasa saya makan di belakang kantor PLN Bethesda saat kuliah dulu di Manado. Kalau dulu makannya sama nike (kayak ikan teri kecil gitu), sekarang sama perkedel ikan. Sayangnya saya tidak sempat foto, lain kali saja.

Saya baru pertama kali buat Tinutuan, dan jujur saya bangga bisa membuatnya. Ahhh terimakasih sudah mengembalikan kenangan akan enaknya Tinutuan saat masa2 di Manado.


TINUTUAN - BUBUR MANADO
Original Recipe: Carisa Charlene.

1 cup beras (saya 3/4 cup)
1/4 labu kuning, potong2 kecil
1/4 ubi, potong kecil2
2 buah jagung (sisir/pipil)
3 siung bawang putih iris tipis (saya bawang putih goreng)
1 batang serei, geprek
1 ruas jahe, geprek (saya diparut)
3 lembar daun bawang, iris2
3 lembar daun kunyit (saya tdak punya)
3 lembar daun salam
1 ikat kangkung, potong2
1 ikat bayam (saya 1/2 plastik daun bayam)
1 ikat daun kemangi (saya tidak punya)
secukupnya Air
Garam, gula, merica
Kaldu jamur/penyedap


Taruh air yang cukup banyak di panci besar. Masukkan beras, labu kuning, ubi, jagung, bawang putih, daun salam, daun kunyit, sereh dan jahe.




Masak dengan api sedang, sesekali diaduk. Bumbui bubur dengan garam, gula, merica, kaldu jamur (penyedap).



Masak sampai labu dan ubi hancur. Tambahkan air jika perlu. Aduk sesekali.
Setelahnya beras menjadi bubur, labu dan ubi hancur, masukkan daun bawang, kangkung, bayam dan kemangi. Aduk rata. Masak sebentar.



Angkat sajikan dengan taburan bawang goreng dan ikan asin atau seperti saya dengan perkedel ikan tuna.

Comments

Popular Posts