Pastel Tutup


Beberapa hari yang lalu seorang teman, Winda menanyakan resep Pastel Tutup. Pas kebetulan memang ingin membuatnya tapi selalu ketunda tunda. 


Pastel Tutup adalah pie Indonesia yang diadaptasi dari kuliner barat. Diluar sana, orang mengenal Sheppard Pie (daging domba) dan Cottage Pie (Daging sapi). Pastel Indonesia ini menarik karena selain berisi daging dan sayuran juga ada bihun!. Ini yang membedakannya dengan Pie diluar sana 😍.

Pasangan saya yang terbiasa makan pie nya orang bule aja sampai nambah makan Pastel Tutup. Padahal baru pertama kali ini dia mencobanya hahahaha.... enakan Pie Indonesia tentunya karena ada pedes2 cabenya 😋. ENJOY!


Jackie | Bentleigh


PASTEL TUTUP

Mashed Potates:
5 buah kentang ukuran besar
3 sdm butter
1/4 cup susu
secukupnya garam dan lada
2 kuning telur

Bahan Isian:
1 buah bihun, rendam air panas, gunting
buncis, potong kecil2
wortel, potong kecil2
jagung dan peas, rendam air panas
jamur, potong-potong - saya tidak pakai
1 buah bawang bombay, iris halus
3 buah bawang putih, iris halus
2 buah cabe, iris
250 g daging cincang -saya 8 sosis, kupas kulitnya dan haluskan
2 sdm tepung terigu
1 cup kaldu ayam atau 1 blok kaldu cairkan

Bumbu:
secukupnya lada, garam
pala bubuk
corinder bubuk

Mashed Potatoes:
Kukus/rebus kentang sampai empuk. Buang airnya.  Beri butter selagi kentang masih panas dan segera hancurkan kentang. Sedikit demi sedikit tambahkan susu, jangan sampai terlalu encer. Beri garam dan lada, aduk. Cicipi jika sudah pas beri kuning telur (sisahkan untuk diatanya) Aduk rata lagi. Sisihkan.

Filling:
Tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan potongan cabe.  Tumis lagi. Tambahkan daging, campur dengan bumbu. Masak hingga daging berubah warna.Masukkan tepung terigu, sayuran, lada, garan, bubuk pala dan corinder.

Tambahkan kaldu. Aduk rata. Cicipi. Terakhir masukkan bihun aduk rata.  Masak hingga bumbu meresap, kaldu tercampur rata dan mengering. Tambahkan garam dan lada jika perlu.

Assembling:
Siapkan loyang atau pirex. Tuang adonan isi lebih dulu. Tutup dengan mashed potatoes. Gunakan spatula atau pisau untuk meratakannya.  Beri kuning telur diatasnya. Bakar sampai bagian atas berubah warna. Saya menggunakan api 170°C.

Sajikan hangat, Enjoy!

Comments

Popular Posts